kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Indeks Kepercayaan Konsumen menguat di bulan terakhir tahun 2018


Jumat, 04 Januari 2019 / 16:14 WIB
Indeks Kepercayaan Konsumen menguat di bulan terakhir tahun 2018
ILUSTRASI. Konsumen Berbelanja


Reporter: Sanny Cicilia | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepercayaan konsumen menguat di bulan Desember 2018 lalu. Berdasarkan riset Danareksa Research Institute yang diterima Kontan.co.id, Jumat (4/1), Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) naik sebesar 1,7% dari 99 menjadi 100,7.

Sekadar informasi, Danareksa memberi nilai 0-200. Angka 100 merupakan nilai tengah. Jika indeks di bawah 100, maka dapat dikatakan bahwa respons negatif (pesimistis) melebihi jumlah respons positif (optimistis).

Ada dua komponen penopang IKK, yaitu Indeks Situasi Sekarang (ISS) dan Indeks Ekspektasi (IE).

ISS naik sebesar 1,7% menjadi 85,6. Sedangkan IE meningkat sebesar 0,8% menjadi 112,1 pada bulan Desember.

"Survei ini menunjukkan bahwa konsumen memberi penilaian yang lebih baik terhadap kondisi ekonomi dan lapangan pekerjaan saat ini. Pada saat yang sama, konsumen juga memberi penilaian yang lebih baik terhadap keadaan ekonomi nasional dan ekonomi lokal dalam enam bulan ke depan," tulis Danareksa.

Dengan optimisme masyarakat terhadap prospek ekonomi nasional dalam enam bulan mendatang yang meningkat, rencana konsumen untuk membeli barang-barang tahan lama ternyata mengalami peningkatan pada bulan Desember.

Dari survei ini, konsumen juga merasa yakin bahwa tekanan inflasi akan sedikit menurun dalam enam bulan mendatang.

Pemicunya sebagian disebabkan oleh ekspektasi menurunnya harga-harga barang terutama makanan dan pakaian, yang biasanya kembali normal setelah perayaan Natal dan Tahun Baru berakhir.

Di samping itu, terdapat ekspektasi bahwa harga bahan makanan akan mengalami penurunan karena permulaan musim panen pada bulan Maret.

Sementara itu, kepercayaan konsumen terhadap kemampuan pemerintah untuk melaksanakan tugas-tugasnya melemah kembali pada bulan Desember.

Komponen yang mengalami penurunan terbesar adalah komponen yang menunjukkan kemampuan pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Tetapi, konsumen secara umum masih merasa yakin terhadap kemampuan pemerintah dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×