kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

INDEF minta pemerintah intensif petakan stok dan harga pangan


Rabu, 25 Maret 2020 / 11:29 WIB
INDEF minta pemerintah intensif petakan stok dan harga pangan
ILUSTRASI. Ilustrasi stok pangan

Reporter: Grace Olivia | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19 turut berimplikasi terhadap lonjakan permintaan akan bahan kebutuhan pokok. Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mendorong pemerintah untuk melakukan pemetaan stok dan harga secara intensif sebagai bentuk persiapan dan antisipasi akan perkembangan kebijakan penanganan virus corona di Indonesia ke depan. 

Seperti diketahui, anjuran pemerintah agar masyarakat melakukan kegiatan bekerja, belajar dan beribadah dari rumah mendorong masyarakat untuk melakukan pembelian sembako secara masif guna memenuhi persediaan hingga beberapa waktu mendatang.

Untuk meredam lonjakan harga pangan ini, Kepala Centre of Food, Energy, and Sustainable Development INDEF Abra Talattov mengatakan, langkah pertama yang harus ditempuh pemerintah adalah memetakan secara akurat stok pangan nasional secara real time.

Baca Juga: INDEF: Pelebaran defisit APBN tak perlu hingga 5% dari PDB  

"Pemetaan stok dan harga pangan harus lebih intensif lagi sehingga dapat mendeteksi dini wilayah di mana saja yang beresiko terjadi rawan/krisis pangan,” tutur Abra, Selasa (24/3). 

Selain itu, pemerintah juga harus lebih transparan dalam menginformasikan kepada publik terkait stok pangan dan strategi apa saja yang akan dilakukan guna menjaga stok pangan tetap terjaga dalam batas aman. Menurut Abra, hal ini sangat penting untuk menciptakan ketenangan bagi masyarakat di tengah kondisi saat ini. 

"Pemerintah juga harus mencermati pelemahan nilai tukar rupiah yang akan berimbas terhadap kenaikan harga pangan yang bersumber dari impor,” sambung dia. 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×