CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 -0,70%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Hilirisasi Bahan Tambang Membuat Komoditas Besi dan Baja Jadi Primadona Ekspor


Rabu, 23 Februari 2022 / 19:33 WIB
Hilirisasi Bahan Tambang Membuat Komoditas Besi dan Baja Jadi Primadona Ekspor
ILUSTRASI. Sejumlah pekerja mengawasi pengoperasian mesin pelapisan lembaran baja di pabrik Sunrise Steel, Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (18/2). Hilirisasi Bahan Tambang Membuat Komoditas Besi dan Baja Jadi Primadona Ekspor.


Reporter: Achmad Jatnika | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengungkapkan, komitmen pada hilirisasi komoditas tambang membuat nilai hasil ekspor Indonesia bertumbuh luar biasa, seperti pada komoditas besi dan baja. 

Menurutnya pertumbuhan dari eskpor besi baja dari Indonesia ini terus mengalami pertumbuhan sejak diberlakukannya pelarangan ekspor nikel pada tahun 2019 silam. Bahkan, di tahun 2021, nilai ekspor komoditas ini hampir mencapai US$ 21 miliar, dan berada di urutan ke-3 dalam nilai ekspor komoditas Indonesia terbanyak. 

“Tidak pernah dibayangkan oleh saya, bahwa besi baja ini akan menjadi primadona ekspor kita, ini komitmen daripada hilirisasi daripada komoditas tambang jadi bertumbuhnya juga luar biasa,” katanya dalam diskusi Gambir Trade Talk yang disiarkan secara virtual, Rabu (23/2).

Baca Juga: Menko Airlangga Sebut Bupati Gresik juga Menjadi Bupati Tembaga, Ini Alasannya

Ia juga optimis, di masa yang akan datang, hilirisasi bahan tambang Indonesia akan menjadi game changer. “Komitmen kita untuk hilirisasi daripada pertambangan ini akan menjadi game changer Indonesia di masa yang akan datang,” katanya.

Lutfi menyebut bahwa capaian ini adalah bentuk komitmen dari banyak pihak untuk menambahkan nilai atau value added dari barang komoditas dasar pertambangan Indonesia yang sedang bertransformasi dari penjual barang mentah dan barang setengah jadi, menjadi barang industri dan industri berteknologi tinggi.

Pertumbuhan yang besar di ekspor besi dan baja karena pelarangan impor nikel ini menurutnya akan diikuti oleh komoditas bauksit.

Baca Juga: Dua Analis Ini Rekomendasikan Buy Saham Aneka Tambang (ANTM)

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental THE FUTURE OF SELLING

[X]
×