kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, BPS Ingatkan Efek Kenaikan Tarif Listrik Bisa Menyulut Inflasi Juli 2022


Sabtu, 02 Juli 2022 / 07:05 WIB
Hati-hati, BPS Ingatkan Efek Kenaikan Tarif Listrik Bisa Menyulut Inflasi Juli 2022


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mulai 1 Juli 2022, pemerintah mengerek tarif listrik bagi pelanggan golongan 3.500 Volt Ampere (VA) ke atas (R2 dan R3) dan golongan pemerintah (P1, P2, dan P3). Badan Pusat Statistik (BPS) mengingatkan, kenaikan tarif listrik ini bisa menyulut kenaikan inflasi pada bulan Juli.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengingatkan, kenaikan tarif listrik pada bulan ini harus diwaspadai. Pasalnya, kenaikan tarif listrik ini berpotensi memacu inflasi pada Juli 2022. 

“Peningkatan tarif listrik memiliki potensi memacu inflasi di Juli 2022. Biasanya kalau ada peningkatan harga di bulan tersebut, efeknya akan langsung dirasakan pada bulan itu,” tutur Margo kepada awak media, Jumat (1/7). 

Baca Juga: BPS Catat Inflasi Juni 2022 Capai 4,35%, Lampaui Batas Atas Target Sasaran BI

Namun, sebenarnya Margo juga bisa memaklumi. Pasalnya, keputusan pemerintah ini juga disebabkan oleh peningkatan harga komoditas global, termasuk harga energi. Dengan demikian, pemerintah mau tak mau menyesuaikan dengan komoditas global. 

Tak hanya tarif listrik, sebenarnya pemerintah pun sudah menerapkan peningkatan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax alias BBM non subsidi pada beberapa waktu lalu. Ini juga kemudian memberi dampak pada inflasi. 

Di satu sisi, Margo mengapresiasi langkah pemerintah yang masih menahan harga barang-barang yang disubsidi, seperti LPG 3 kilogram, BBM jenis Pertalite, dan tarif listrik bagi masyarakat kurang mampu. Menurut Margo, subsidi ini juga turut menekan inflasi tak bergerak liar. 

Sayangnya, Margo masih belum memiliki hitungan terkait besaran inflasi maupun sumbangan inflasi peningkatan tarif listrik ini pada tingkat inflasi umum pada Juli 2022. 

“Nanti besarannya akan dilihat pada rilis bulan depan,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×