kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hati-hati, ada penipuan seleksi CPNS bermodus memperbaiki "file corrupt"


Sabtu, 13 Oktober 2018 / 10:51 WIB
Hati-hati, ada penipuan seleksi CPNS bermodus memperbaiki
ILUSTRASI. Pelamar CPNS


Reporter: Narita Indrastiti | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) masih dua hari lagi. Sebanyak 4,23 juta akun pelamar sudah tercatat hingga Jumat (12/10) pukul 16.00 WIB.

Namun, sejumlah pelamar diketahui memiliki masalah dalam mengunggah dokumen. Salah satu kendala adalah dokumen yang tidak terbaca atau file corrupt. Badan Kepegawaian Negara ( BKN) pun menerima laporan mengenai adanya pihak tertentu yang diduga berupaya melakukan penipuan dengan modus memperbaiki file corrupt.

"Kami mendapat laporan penipuan. Pelamar dihubungi pihak-pihak tertentu yang tidak bertanggung jawab, mengatasnamakan panitia instansi yang bersedia membantu file corrupt dengan imbalan tertentu," ujar Kepala Biro Humas BKN, Muhammad Ridwan, saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (13/10).

Melalui surat resmi bernomor E 26-30/V 143-1/99, BKN menyatakan bahwa pengunggahan ulang atau perbaikan file corrupt tidak dipungut biaya alias gratis.

BKN pun mengimbau para pelamar agar berhati-hati terhadap penipuan yang mengatasnamakan instansi yang melakukan perekrutan CPNS 2018. Imbauan juga disampaikan melalui akun Twitter BKN, @BKNgoid. "Twit ini kami buat agar sebagai proactive countermeasures (penanggulangan proaktif) agar tidak ada pelamar yang tertipu," ujar Ridwan.

Cara cek dokumen

Kemudian, bagaimana cara mengetahui apakah dokumen yang diunggah tersebut terbaca atau tidak? Melalui salah satu twitnya, BKN mengimbau kepada para pelamar untuk login atau masuk melalui akun yang sudah didaftar di situs Sistem Seleksi CPNS Nasional, sscn. bkn.go.id.

Apabila dokumen ada aman, maka muncul notifikasi "Resume Pendaftaran". Namun, jika dokumen yang diunggah tidak terbaca (file corrupt), akan muncul notifikasi untuk unggah ulang dokumen.

Selain itu, pendaftaran CPNS 2018 terintegrasi secara nasional melalui situs resmi SSCN dan juga pendaftaran masih dibuka hingga Senin, 15 Oktober 2018 mendatang. Pemerintah membuka sebanyak 238.015 formasi dari Kementerian/Lembaga/Daerah untuk CPNS 2018.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hati-hati, Ada Penipuan Seleksi CPNS Bermodus Perbaiki "File Corrupt"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×