kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Penutupan CPNS sebentar lagi, simak lima instansi pusat yang sepi pelamar


Sabtu, 13 Oktober 2018 / 09:30 WIB
Penutupan CPNS sebentar lagi, simak lima instansi pusat yang sepi pelamar


Sumber: Kompas.com | Editor: Narita Indrastiti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pendaftaran calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun 2018 dilaksanakan secara online hingga 15 Oktober mendatang.

Adapun, pendaftaran dilakukan di situs resmi milik Badan Kepagawaian Negara (BKN), yaitu sscn.bkn.go.id. Sebelumnya, pelamar yang telah mendaftarkan akun di situs SSCN mencapai lebih dari 4 juta orang.

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menjadi instansi pusat nomor satu favorit pelamar. Kemenkumham telah didaftari lebih dari 400.000 orang.

Persaingan di CPNS kali ini akan semakin ketat. Hal tersebut tampak dari perbandingan total formasi yang tersedia dengan jumlah pelamar. Meski begitu, ada juga sejumlah instansi yang relatif minim peminat.

Berdasarkan informasi yang diterima Kompas.com dari BKN, per Jumat (12/10) pukul 16.00 WIB, berikut lima instansi pusat yang paling sedikit didaftari oleh pelamar CPNS 2018.

1. Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial

Jumlah pelamar di Sekretariat Jenderal Komisi Yudisial sebanyak 575 orang. Pada CPNS 2018, instansi ini mengalokasikan sebanyak 21 formasi yang terbagi menjadi delapan jabatan. Total 21 formasi ini terdiri dari dua formasi lulusan terbaik, satu formasi putra/putri Papua dan Papua Barat, serta 18 formasi umum.

2. Badan Informasi Geospasial

Pelamar CPNS 2018 yang memilih mengikuti seleksi di Badan Informasi Geospasial sebanyak 545 orang. Badan Informasi Geospasial menyediakan 50 formasi yang terdiri dari lima formasi cumlaude, satu formasi disabilitas, 43 formasi umum, serta satu formasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

3. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan

Sebanyak 497 orang memilih Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan membuka sebanyak 21 formasi untuk CPNS kali ini. Adapun 21 formasi tersebut terdiri dari 19 formasi umum dan dua formasi cumlaude atau lulusan terbaik.

4. Badan Pengawas Tenaga Nuklir

Pelamar yang memilih mengikuti seleksi CPNS di Badan Pengawas Tenaga Nuklir sebanyak 472 orang. Badan Pengawas Tenaga Nuklir membuka sebanyak 25 formasi untuk CPNS kali ini. Total alokasi ini terdiri dari dua formasi lulusan terbaik, satu formasi disabilitas, dan 22 formasi umum.

5. Sekretariat Jenderal MPR

Sekretariat Jenderal MPR menjadi instansi pusat dengan jumlah pelamar paling sedikit. Sebanyak 378 orang memilih melamar di instansi ini. Sekretariat Jenderal MPR membuka sebanyak 23 formasi di CPNS kali ini. Total formasi tersebut terbagi menjadi 15 jabatan.

Secara umum, tahapan seleksi yang akan dilalui pelamar antara lain seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, dan seleksi kompetensi bidang. Pada CPNS tahun ini, pemerintah mengalokasikan sebanyak 238.015 formasi, di mana formasi ini terbagi di instansi pusat dan daerah.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hingga H-3 Penutupan CPNS, Ini Instansi Pusat Paling Sedikit Pelamar"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×