kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Pangan Melonjak, Moeldoko Minta Masyarakat Siasati Situasi Ekonomi Saat Ini


Selasa, 19 April 2022 / 21:20 WIB
Harga Pangan Melonjak, Moeldoko Minta Masyarakat Siasati Situasi Ekonomi Saat Ini


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengajak masyarakat untuk mensiasati situasi sulit ekonomi saat ini, terutama menghadapi berbagai kenaikan harga komoditi dalam negeri. Ia mencontohkan jika ada kenaikan harga cabai.

“Bagaimana caranya, mari tanam cabai di rumah masing-masing. Jadi saat harga cabai mahal nggak bingung. Saya sudah melakukannya. Kalau nggak percaya silahkan datang ke rumah saya,” kata Moeldoko saat membuka bazar murah dan vaksinasi booster gratis yang digelar di Agro Edu Wisata Ragunan Jakarta, Selasa (19/4).

Moeldoko memahami masyarakat saat ini resah dengan kenaikan harga barang-barang, terutama pada komoditi pangan dan energi. Ia memastikan, pemerintah sudah bekerja keras untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, termasuk soal pengendalian harga komoditi dalam negeri.

Baca Juga: Waspadai Lonjakan Inflasi, Pemerintah Perlu Lakukan Ini

Namun yang jadi masalah, ungkap Moeldoko, situasi saat ini lebih banyak dipengaruhi kondisi ekonomi dunia. Yakni terjadi lonjakan harga komoditas global dan disrupsi rantai pasok dunia akibat krisis geopolitik antara Ukraina dan Rusia.

“Saya harap masyarakat bisa memahami, mengelola negara itu tidak hanya dengan memikirkan kondisi dalam negeri. Tapi bagaimana situasi global sungguh ikut mempengaruhi,” tutur Moeldoko.

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI 2013-2015 ini mengaku optimistis, Indonesia mampu bertahan dan melewati dampak krisis ekonomi global.

“Saya harap masyarakat bisa kreatif. Mari kita (pemerintah dan masyarakat) sama–sama berusaha dan bekerja. Karena Pemerintah tidak bisa menyelesaikan masalah ini sendiri,” pungkas Moeldoko.

Baca Juga: Mendag: Rata-Rata Nasional Harga Bahan Pokok Cenderung Stabil Jelang Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×