kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Gugatan K-Fee System dinilai kadaluarsa


Senin, 25 Juli 2016 / 11:10 WIB
Gugatan K-Fee System dinilai kadaluarsa

Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. Perusahaan produsen permen, PT Agel Langgeng menilai gugatan penghapusan merek K-Fee oleh K-Fee System GmbH asal Jerman telah kadarluarsa atau sudah lewat dari batas waktu. Sebab itu, Agel Langgeng yakin tidak akan kehilangan merek K-Fee miliknya.

Kuasa hukum Agel Langgeng Amris Pulungan dari kantor hukum Pulungan, Wiston & Partners mengatakan gugatan yang diajukan oleh perusahaan kapsul kopi asal Jerman itu pada 7 Juni 2016. Padahal merek K-Fee milik Agel Langgeng sudah didaftarkan per 24 Februari 2003.

Gugatan K-Fee System tak sesuai dengan Pasal 61 ayat 2 Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek. Seharusnya gugatan diajukan selambat-lambatnya pada 24 Februari 2006. "Bukan saat ini karena merek K-Fee milik Agel Langeng sudah terdaftar selama 13 tahun," tulis Amris dalam berkas yang dikutip KONTAN, Minggu (24/7).

Sekadar tahu saja, saat ini merek K-Fee yang milik Agel Langgeng telah terdaftar di Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (Ditjen KI) terdaftar dengan No. IDM000359820 dalam kelas 30. Kelas tersebut melindungi jenis barang meliputi teh, kopi, dan cokelat.

Agel Langgeng menggunakan merek K-Fee untuk produk permen rasa kopi. Selain permen K-Fee, PT Agel Langgeng adalah produsen permen jenis lainnya yang mereknya cukup dikenal, yakni permen Relaxa, Espresso, dan Bontea Green.

"Produk K-fee milik Agel Langgeng sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan akan kami buktikan dalam persidangan," tambah Amris.

K-Fee System melayangkan gugatan ini karena Agel Langgeng sudah tidak menggunakan merek tersebut selama tiga tahun berturut-turut sejak perpanjangan terakhir yakni Maret 2012. Ini berdasarkan survei yang dilakukan oleh PT Integrity Indonesia di beberapa kota besar. "Tim juga mengunjungi pabrik K-Fee di Bekasi," kata kuasa hukum K-Fee System, Yosef Sri Sasongko, di berkas gugatan. 


Tag


TERBARU

Close [X]
×