kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,65   7,31   0.81%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Golkar PAN dan PPP Diskusikan Calon Presiden 2024 dengan Presiden Joko Widodo


Sabtu, 22 Oktober 2022 / 18:34 WIB
Golkar PAN dan PPP Diskusikan Calon Presiden 2024 dengan Presiden Joko Widodo
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (tengah) berjabat tangan dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (kanan) dan Wakil Ketua Umum PPP Amir Uskara (kiri), Kamis (20/10/2022). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.


Reporter: kompas.com | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) aktif mendiskusikan pengusungan bakal calon presiden (capres) bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Airlangga menyebut bahwa KIB dan Jokowi saling bertukar pikiran tentang nama-nama kandidat capres yang ada. 

"Kalau nama (capres) kan Presiden sudah punya list. Sodor menyodorkan,” kata Airlangga saat ditemui di kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Sabtu (22/10/2022). 

Ia mengaku diskusi tak hanya terkait capres, tetapi juga berbagai persoalan politik lainnya. "Ini kan komunikasi politik, itu bukan komunikasi yang biasa saja, banyak hal dikomunikasikan," kata Airlangga.

Baca Juga: Deklarasi Capres 2024, Jokowi: Saya Yakin Golkar akan Cermat, Tidak Sembrono  

Hal itu nampak dari sikap Jokowi yang hadir selama tiga jam pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Golkar di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (21/10/2022). 

"Artinya langkah Golkar dipahami, dan langkahnya itu sejalan dengan arah yang diharapkan oleh Pak Presiden," kata Airlangga. 

Terakhir, Airlangga mengklaim Jokowi merasa cocok dan nyaman bersama Partai Golkar. Hal itu nampak dari sikap Jokowi yang mengikuti hampir seluruh rangkaian acara. "Karena nyaman, maka merasa di rumah," ujarnya. 

Baca Juga: Calon Anggota Baru KIB akan Hadir di Puncak HUT ke-58 Golkar

Diketahui, Jokowi memberikan beberapa pesan untuk Partai Golkar dan KIB yang juga dihuni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

Dalam sambutannya, Jokowi menilai Airlangga merupakan salah satu figur yang cocok untuk memimpin bangsa ke depan. 

Jokowi juga meminta agar KIB tak terlalu lama mendeklarasikan capresnya. "Saya dengar-dengar dan saya melihat tiap hari itu Pak Airlangga Hartarto rangkulan terus dengan Pak Mardiono dari PPP dan Pak Zulkifli Hasan dari PAN. Jangan hanya rangkul-rangkulan terus," kata Jokowi. 

"Tapi, saya meyakini sebentar lagi pasti akan segera menentukan, kita tunggu saja," ujar mantan Wali Kota Solo ini lagi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sebut KIB Diskusikan Capres Bareng Jokowi, Airlangga: Presiden Sudah Punya List", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/10/22/16552501/sebut-kib-diskusikan-capres-bareng-jokowi-airlangga-presiden-sudah-punya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×