kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45875,45   -7,49   -0.85%
  • EMAS937.000 0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Gairahkan perdagangan, Wamendag: DPD bisa dorong dan akomodasi pelaku usaha


Kamis, 29 April 2021 / 23:10 WIB
Gairahkan perdagangan, Wamendag: DPD bisa dorong dan akomodasi pelaku usaha
Wamendag Jerry Sambuaga membahas kerja sama untuk meningkatkan perdagangan dan ekonomi masyarakat dengan Wakil Ketua DPD RI Sutan Bahtiar Najamuddin

Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya meningkatkan perdagangan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya adalah upaya yang dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga membahas kerja sama untuk meningkatkan perdagangan dan ekonomi masyarakat dengan Wakil Ketua DPD RI Sutan Bahtiar Najamuddin beberapa waktu lalu. 

Jerry menilai sebagai perwakilan Daerah, DPD bisa mendorong dan mengakomodasi pelaku-pelaku usaha di semua sektor untuk bersama-sama pemerintah meningkatkan kesejahteraan, termasuk dalam upaya mitigasi ekonomi karena pandemi covid-19.

“DPD adalah kamar parlemen yang punya legitimasi besar sehingga bisa memainkan peran dalam kolaborasi pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat di Daerah dalam pemulihan dan peningkatan ekonomi,” kata Jerry, Kamis (29/4).

Ada beberapa program yang sedang dijalankan Kemendag dalam rangka itu. Yang menjadi misi Jerry sebagai wamendag antara lain adalah pengembangan SRG dan dukungan terhadap pengembangan ekspor nasional. Oleh karena itu Jerry banyak berkeliling ke Daerah untuk mendorong optimalisasi SRG serta mendata potensi-potensi ekspor baru yang bisa dikembangkan.

Baca Juga: Bursa Berjangka Jakarta (BJJ) sudah catatkan transaksi 2,5 juta lot hingga April 2021

Sutan Najamuddin yang datang bersama dengan dua kepala daerah dari Bengkulu itu menyambut baik ajakan Wamendag. Menurutnya, ekonomi nasional digerakkan oleh pelaku-pelaku di Daerah. Oleh karena itu, wajar jika pemerintah meningkatkan fasilitasi kepada pelaku usaha di daerah khususnya petani, nelayan dan pelaku UMKM. 

“DPD RI selalu siap mendukung pemerintah, khususnya Kemendag untuk menggerakkan ekonomi masyarakat,” tegas Sutan.

Selain berkomunikasi secara formal, dalam pertemuan itu Jerry juga menyinggung hubungan personalnya dengan Sutan. Menurutnya, Sutan adalah senior sekaligus mentor. Apalagi Jerry juga merupakan mantan staf ahli Ketua DPD RI.

“Jadi beliau ini sudah seperti mentor bagi saya. Karena itu saya sangat bangga dan senang bisa berkolaborasi demi membangun daerah dan memajukan perekonomian nasional," ucap Jerry.

Baca Juga: Warren Buffett: Bitcoin dan kripto lain hampir pasti mengalami akhir yang buruk

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×