kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

FIFA Copot RI Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20, Erick Thohir: Saya Sudah Berjuang


Rabu, 29 Maret 2023 / 23:59 WIB
FIFA Copot RI Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U20, Erick Thohir: Saya Sudah Berjuang
ILUSTRASI. Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) didampingi Wakil Ketua Umum PSSI Ratu Tisha Destria (kanan), Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (kiri)


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Ketua Umum PSSI Erick Thohir menerima Keputusan FIFA yang mencopot Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023. Erick Thohir telah merampungkan pertemuan dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, pada (29/3/2023).

Pertemuan tersebut digelar untuk menyelesaikan polemik Piala Dunia U20 2023 yang terjadi belakangan ini. Dari pertemuan tersebut, didapat hasil bahwa FIFA resmi mencopot status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023.

Erick Thohir menyatakan bahwa dia sudah berjuang semaksimal mungkin saat bertemu Gianni Infantino di Qatar untuk memperjuangkan agar penyelenggaraan Piala Dunia U20 tetap berjalan di Indonesia.

Namun, posisi Indonesia yang menjadi salah satu FIFA, menurut Erick, harus tunduk pada kewenangan dan keputusan yang diberikan FIFA yang membatalkan ajang sepak bola bergengsi itu di Tanah Air.

"Saya sudah berjuang maksimal," kata Erick Thohir dalam keterangan tertulis PSSI yang diterima Kompas.com.  

Baca Juga: Breaking News! FIFA Akhirnya Mencoret Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U 20

"Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ujar Erick Thohir.

Erick menambahkan, keputusan yang merupakan kewenangan FIFA sebagai lembaga tertinggi sepak bola dunia dengan 211 anggota dari berbagai belahan dunia, tidak bisa ditolak lagi.  

"Indonesia adalah salah satu anggota FIFA, sehingga untuk urusan sepak bola internasional, kita harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan," kata Erick.

"Meskipun saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan Presiden, pencinta sepak bola, anak-anak timnas U20, dan juga suporter setia sepak bola, tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," imbuh Erick.

Erick Thohir pun meminta semua pencinta sepak bola di Indonesia bisa menerima keputusan FIFA ini. "Kita harus tegar. Saya minta semua pecinta sepak bola tetap berkepala tegak atas keputusan berat FIFA ini," tutur Erick.

"Saya berpendirian, karena itu, ini saatnya kita harus membuktikan kepada FIFA untuk bekerja lebih keras untuk melakukan transformasi sepak bola, menuju sepak bola bersih dan berprestasi," pungkasnya.

Pernyataan FIFA

FIFA mengumumkan pencopotan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 melalui website resmi federasi.

Baca Juga: Temui FIFA Bahas Piala Dunia U-20, Erick Thohir: Mohon Doanya

Berikut pernyataan lengkap FIFA:

Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023.

Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah. Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya.

FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, FIFA tetap berkomitmen secara aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022.

Anggota tim FIFA akan terus hadir di Indonesia dalam beberapa bulan mendatang dan akan memberikan bantuan yang dibutuhkan kepada PSSI, di bawah kepemimpinan Presiden Erick Thohir.

Jadwal pertemuan baru antara Presiden FIFA dan Ketua Umum PSSI untuk pembahasan lebih lanjut akan dijadwalkan dalam waktu dekat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Terima Keputusan FIFA Copot Indonesia dari Tuan Rumah Piala Dunia U20 2023"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×