kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Efek Kenaikan Tarif Listrik Juli Langsung Terasa, Berpotensi Kerek Inflasi Juli 2022


Minggu, 03 Juli 2022 / 07:10 WIB
Efek Kenaikan Tarif Listrik Juli Langsung Terasa, Berpotensi Kerek Inflasi Juli 2022


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah menaikkan tarif listrik bagi pelanggan golongan 3.500 Volt Ampere (VA) ke atas (R2 dan R3) dan golongan pemerintah (P1, P2, dan P3) mulai 1 Juli 2022. Kenaikan tarif listrik ini berpotensi menyulut kenaikan inflasi pada bulan Juli.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Margo Yuwono mengingatkan, kenaikan tarif listrik pada bulan ini harus diwaspadai. Pasalnya, kenaikan tarif listrik ini berpotensi memacu inflasi pada Juli 2022. 

“Peningkatan tarif listrik memiliki potensi memacu inflasi di Juli 2022. Biasanya kalau ada peningkatan harga di bulan tersebut, efeknya akan langsung dirasakan pada bulan itu,” tutur Margo kepada awak media, Jumat (1/7). 

Baca Juga: BPS Catat Inflasi Juni 2022 Capai 4,35%, Lampaui Batas Atas Target Sasaran BI

Namun, sebenarnya Margo juga bisa memaklumi. Pasalnya, keputusan pemerintah ini juga disebabkan oleh peningkatan harga komoditas global, termasuk harga energi. Dengan demikian, pemerintah mau tak mau menyesuaikan dengan komoditas global. 

Tak hanya tarif listrik, sebenarnya pemerintah pun sudah menerapkan peningkatan harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax alias BBM non subsidi pada beberapa waktu lalu. Ini juga kemudian memberi dampak pada inflasi. 

Di satu sisi, Margo mengapresiasi langkah pemerintah yang masih menahan harga barang-barang yang disubsidi, seperti LPG 3 kilogram, BBM jenis Pertalite, dan tarif listrik bagi masyarakat kurang mampu. Menurut Margo, subsidi ini juga turut menekan inflasi tak bergerak liar. 

Sayangnya, Margo masih belum memiliki hitungan terkait besaran inflasi maupun sumbangan inflasi peningkatan tarif listrik ini pada tingkat inflasi umum pada Juli 2022. 

“Nanti besarannya akan dilihat pada rilis bulan depan,” tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×