kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45940,24   -1,13   -0.12%
  • EMAS924.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.83%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.19%

Duet Erick Thohir & Iggi Haruman Achsien, Pimpin Masyarakat Ekonomi Syariah 2021-2023


Sabtu, 23 Januari 2021 / 21:09 WIB
Duet Erick Thohir & Iggi Haruman Achsien, Pimpin Masyarakat Ekonomi Syariah 2021-2023
ILUSTRASI. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengikuti rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di ruang rapat Komisi VI DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). Tribunnews/Jeprima

Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Yuwono triatmojo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musyawarah Nasional Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang berlangsung Sabtu 23 Januari 2021, memilih Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Umum periode 2021-2024. Erick terpilih, menggantikan Wimboh Santoso yang menjabat pada kepengurusan periode 2018-2021.

Pada kesempatan tersebut, Erick menunjuk Iggi Haruman Achsien, sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) MES yang baru. Iggi merupakan Staf Ahli Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan juga Komisaris Independen PT Bank Muamalat Indonesia Tbk.

Lewat video kata sambutan yang diperoleh KONTAN, Erick menyatakan Covid -19 sangat berat, karena telah menghantam sendi-sendi perekonomian, dunia usaha, UMKM dan masyarakat secara menyeluruh. Namun, Erick mengajak MES optimistis, menyambut kebangkitan ekonomi di tahun 2023, dan menyiapkan fondasi lebih dini.

Pada kesempatan itu, Erick mengutarakan empat program yang akan menjadi fokusnya selama memimpin MES. Pertama, Erick ingin mengembangkan pasar industri halal di dalam dan luar negeri.

"Karena kita adalah sebuah negara dengan market yang besar. Jadi ketika market-nya bisa kita pegang, tentu untuk keluar negeri akan mudah," tutur Erick, Sabtu (23/1).

Baca Juga: Bank Syariah Indonesia Siap Jamin Sukuk Global

Program yang kedua, lanjut Erick, yakni terus mengembangkan industri keuangan syariah. "Tren digital sudah terjadi. Suka tidak suka kita harus kuatkan fintech dan industri keuangan syariah dengan modern, tanpa meninggalkan kearifan lokal," imbuhnya.

Program yang ketiga dari Erick adalah menerapkan investasi yang bersahabat, yang melibatkan  pengusaha daerah. Hal ini akan dia lakukan, agar tidak terjadi kesenjangan bagi pengusaha daerah. 

"Kita bangun pengusaha-pengusaha daerah, agar menjadi juara di daerahnya, menjadi platform untuk menarik pengusaha kecil lainnya," tukas Erick.

Lalu program yang keempat adalah pembinaan ekonomi masyarakat yang handal, yang dimulai dari daerah pedesaan. Menurut Erick, fondasi yang kuat, harus dimulai dari titik nol, yakni di desa.

Kepada KONTAN, Iggi yang terpilih sebagai Sekjen MES menyatakan pengembangan ekonomi daerah akan menjadi perhatian duet kepemimpinannya bersama Erick. "Kita mulai bangun fondasi ekonomi masyarakat syariah yang kuat, dari desa," tutur Iggi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×