kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dubes Arab Saudi untuk Indonesia: Insya Allah tetap ada pelaksanaan Haji 2021


Jumat, 16 April 2021 / 04:23 WIB
Dubes Arab Saudi untuk Indonesia: Insya Allah tetap ada pelaksanaan Haji 2021
ILUSTRASI. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi. KONTAN/Lidya Yuniartha


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada kabar baik yang disampaikan Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam Abid Altaghafi. Esam optimistis ibadah haji akan tetap diselenggarakan pada 2021 meskipun dengan kuota yang sangat terbatas.

"Insya Allah akan ada berita bagus terkait hal itu. Kami juga masih menunggu informasi ataupun berita terbaru, tetapi Insya Allah akan ada ibadah haji untuk muslim di Indonesia serta muslim di dunia," ujar Esam Abid, sebagaimana dikutip dari Antara, Kamis (15/4/2021).

Kendati demikain Esam belum bisa memastikan kapan penyelenggaraan ibadah haji resmi diumumkan kepada muslim di Indonesia maupun di negara lain.

Adapun Esam mengatakan bagi seluruh muslim di Indonesia dan dunia saat ini harus mepersiapkan diri untuk vaksinasi Covid-19.

Baca Juga: Komisi VIII DPR minta percepatan vaksinasi calon jemaah haji

Musababnya, mereka yang mengikuti ibadah haji harus sudah mendapat vaksin Covid-19 terlebih dahulu sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Vaksin itu terkait dengan jenis vaksin dan tentu saja itu adalah hal utama dan tentu saja nantinya kita akan mengetahui kuota kemudian," kata dia.

Esam mengatakan kuota yang akan disediakan untuk Indonesia itu akan sama dengan negara muslim lainnya di dunia.

Baca Juga: Menteri Agama optimistis Arab Saudi selenggarakan ibadah haji 1442 H lebih terbuka

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Bidang Pengurus MUI KH Cholil Nafis menyatakan telah berbincang dengan Dubes Esam terkait penyelenggaraan haji tahun ini. Dalam perbincangan tersebut, Cholil mengungkapkan bahwa Esam belum menyebutkan berapa kuota jemaah haji dan kapan kepastian haji akan diumumkan.

"Saya tadi sempat berbincang dengan Dubes Esam. Saya tanya sedikit ke beliau, apakah ada haji? Insya Allah ada, tapi kuotanya sedikit," kata Cholil.

Adapun sebelumnya Kementerian Agama masih menunggu kepastian penyelenggaraan ibadah haji di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dubes Arab Saudi untuk Indonesia: Insya Allah Tetap Ada Pelaksanaan Ibadah Haji di 2021"
Penulis : Rakhmat Nur Hakim
Editor : Rakhmat Nur Hakim

Selanjutnya: Raja Salman pecat menteri haji dan umrah lewat dekrit kerajaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×