kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.499.000   -40.000   -2,60%
  • USD/IDR 15.950   0,00   0,00%
  • IDX 7.246   -68,22   -0,93%
  • KOMPAS100 1.110   -11,46   -1,02%
  • LQ45 880   -11,76   -1,32%
  • ISSI 222   -0,92   -0,41%
  • IDX30 452   -6,77   -1,48%
  • IDXHIDIV20 545   -7,80   -1,41%
  • IDX80 127   -1,32   -1,03%
  • IDXV30 136   -1,06   -0,77%
  • IDXQ30 150   -2,29   -1,50%

Dorong Pemulihan Ekonomi dan UMKM Naik Kelas Lewat Jakarta Kreatif Festival 2022


Selasa, 07 Juni 2022 / 20:32 WIB
Dorong Pemulihan Ekonomi dan UMKM Naik Kelas Lewat Jakarta Kreatif Festival 2022
Konferensi Pers Jakarta Kreatif Festival 2022, Selasa (7/6/2022)


Reporter: Dendi Siswanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Selaras dengan pertumbuhan ekonomi nasional dan perekonomian DKI Jakarta yang juga terus membaik, pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk pemulihan ekonomi, termasuk dengan mempersiapkan peningkatan daya saing Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di tengah erah digital saat ini.

Di mana hal tersebut sejalan dengan semangat Presidensi G20 Indonesia yaitu Recover Together, Recover Stronger.

Adapun salah satu afirmasi kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam mendorong UMKM adalah dalam bentuk realisasi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan Gerakan Bangga Wisata Indonesia (Gernas BBI-BWI).

Dalam hal ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta akan mengadakan Jakarta Kreatif Festival 2022 dengan tema “Jakarta Punya Inovasi, Bersama Perkuat Pemulihan Ekonomi”.

Baca Juga: Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Lazada Gandeng Kreaby Gaungkan Semangat Inklusivitas

Kepala Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Onny Widjanarko mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan Karya Kreatif Indonesia (KII) yang sudah dilaksanakan pada bulan Mei yang lalu.

Tujuan dari kegiatan ini sendiri adalah untuk memperkuat sinergi, koordinasi dan kolaborasi dalam memajukan UMKM melalui strategi penguatan hilirisasi produk-produk unggulan dan perluasan akses keuangan digital.

“Pertumbuhan ekonomi kita membaik dari waktu ke waktu dan diperkirakan di tahun 2022 pertumbuhannya semakin melaju meskipun ada tantangan tetapi peluang untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia dan terutama DKI Jakarta terbuka luas,” ujar Onny dalam konferensi pers di Plaza Indonesia, Selasa (7/6).

Onny mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan rutin tahunan dan ditujukan untuk mendorong pemulihan ekonomi dalam negeri serta mengangkat UMKM supaya naik kelas.

Kegiatan Jakarta Kreatif Festival yang berlangsung selama Juni 2022 ini terdiri dari rangkaian pre-event, main event dan post event. Adapun salah satu rangkaian kegiatan pre event pada bulan Juni 2022 yang telah dilaksanakan yaitu Webinar Perlindungan Konsumen Pada Transaksi Keuangan Dalam Mendukung Keuangan Inklusif pada tanggal 2 Juni 2022 kemarin.

Baca Juga: Festival Jajanan Bango Mandalika 2022 Angkat Kekayaan & Kelezatan Kuliner Legendaris

Setelah itu dilanjutkan dengan Pesta Wastra yang akan dimulai pada tanggal 10 hingga 16 Juni 2022 di Kawasan SCBD, Jakarta. Kegiatan ini melibatkan pengrajin Wastra se Indonesia dengan harga yang terjangkau. Adapun kegiatan ini ditujukan bagi kaum milenial agar bangga dengan buatan Indonesia.

“Jadi perayaan ini seru, dan semoga pemuda-pemuda penerus bangsa bisa mencintai dan akhirnya bangga dan dapat mengenakannya sehingga transaksi UMKM-nya juga meningkat,” tandasnya.

Baca Juga: Gandeng Kedubes Prancis, Summarecon Garap Inkubator Bisnis Fesyen

Kegiatan Jakarta Kreatif Festival juga diharapkan dapat meningkatkan akses pembiayaan (kolaborasi bersama OJK) memperluas akses pasar UMKM baik melalui digitalisasi maupun UMKM go export, mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif serta mendorong pertumbuhan sektor perdagangan Jakarta yang sangat potensial terkait peran Jakarta sebagai Hub Nasional dan peningkatan Hub regional/internasional.

Adapun jumlah UMKM yang tergabung dalam pameran offline Jakarta Kreatif Festival adalah sebanyak 38 UMKM , yang terdiri dari 11 UMKM di sektor fashion, 7 UMKM di sektor kuliner, 11 UMKM di sektor kerajinan, dan 9 UMKM Kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Kiat Cepat Baca Laporan Keuangan Untuk Penentuan Strategi dan Penetapan Target KPI Banking and Credit Analysis

[X]
×