kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,77   5,31   0.58%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Di masa tenang, KPU perlu gencarkan sosialisasi tata cara pencoblosan


Senin, 15 April 2019 / 08:50 WIB
Di masa tenang, KPU perlu gencarkan sosialisasi tata cara pencoblosan


Reporter: Wahyu Tri Rahmawati | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), Titi Anggraini, menilai terdapat dua pekerjaan rumah (PR) bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masa tenang ini. 

Hal pertama adalah KPU diminta mensosialisasikan tata cara pencoblosan secara masif. "Ada dua hal yang bisa dilakukan KPU di masa tenang, pertama, mengintensifkan sosialisasi diseminasi soal prosedur tata cara pemberian suara," ungkap Titi, Minggu (14/4). 

Ia menuturkan, informasi tersebut dibutuhkan masyarakat agar tidak kesulitan saat mencoblos pada 17 April 2019. Informasi itu juga berguna untuk mencegah terjadinya suara yang tidak sah karena ketidaktahuan masyarakat dalam tata cara pencoblosan. 

Kemudian, sosialisasi lain yang perlu dilakukan KPU yaitu perihal kanal informasi mengenai para peserta pemilu, khususnya caleg. Informasi tersebut dijelaskan Titi masih dibutuhkan sebab wacana pilpres telah mendominasi masa kampanye selama ini. Akibatnya, pileg menjadi sedikit terlupakan.

"Kedua, KPU mestinya menyosialisasikan, mendiseminasikan dengan luas soal akses pemilu bisa mengenali pemilu legislatif dan presiden," ujarnya. 

"Ke mana masyarakat pemilih bisa mengakses informasi valid soal informasi pemilu yang diperlukan," imbuh dia. Seperti diketahui, tahapan pemilu sudah memasuki masa tenang pada 14-16 April 2019. Selama masa itu, peserta dilarang melakukan kampanye dalam bentuk apapun, termasuk melalui spanduk dan baliho. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Di Masa Tenang, KPU Perlu Gencarkan Sosialisasi Tata Cara Pencoblosan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×