kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dahlan: Media massa Indonesia telah diperkosa


Jumat, 27 Juni 2014 / 20:27 WIB
Dahlan: Media massa Indonesia telah diperkosa
ILUSTRASI. 6 Cara Mengatasi Anak yang Suka Memotong Pembicaraan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Pemilik media Jawa Pos Group, Dahlan Iskan, menyesali munculnya survei palsu Gallup di media massa Indonesia. Menurut Dahlan, pemberitaan mengenai survei palsu itu telah menghancurkan dunia jurnalistik Indonesia.

"Luar biasa memerkosa jurnalistik kita. Survei di luar negeri, disulap sedemikian rupa, ditayangkan di Indonesia, saya sangat prihatin," kata Dahlan, Jumat (27/6), di Hotel JS Luwansa, Jakarta.

Kini Dahlan khawatir kepercayaan masyarakat pada media massa akan tergerus akibat pemberitaan survei palsu tersebut. Saat pertama kali melihat hasil survei Gallup yang memenangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa itu, Dahlan mengaku merasa curiga. Sepengetahuannya, Gallup belum pernah melakukan survei politik di Indonesia.

"Ada kutipan yang saya ingat, tidak ada kejahatan yang sempurna. Saya merasa terhina karena kita susah payah menegakkan jurnalistik profesional, sekarang dicekoki berita seperti itu," ujarnya.

Artikel tentang survei palsu Gallup itu dimuat dalam di situs iReport CNN dan menjadi pembicaraan di media sosial. Tulisan berjudul "Indonesia Predict Prabowo Will Be Next Indonesian President" itu berisi hasil survei Gallup Indonesia yang memenangkan pasangan Prabowo-Hatta atas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Hasilnya, 52% masyarakat Indonesia memperkirakan Prabowo akan menang, sedangkan yang memilih Jokowi 41%. Survei itu disebutkan dilakukan pada 10-21 Juni 2014.

Tulisan itu kemudian disiarkan oleh TV One pada Selasa (24/6/2014) malam. Belakangan diketahui bahwa tulisan itu gubahan atas artikel Lydia Saad yang pernah diterbitkan Gallup pada 16 Juni 2008. Sesungguhnya, tulisan survei Gallup palsu itu bukanlah artikel atau laporan yang diterbitkan CNN, melainkan tulisan yang ditulis oleh pembaca di laman iReport, laman jurnalisme warga untuk CNN. (Indra Akuntono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×