kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Cuaca di Jawa Panas Saat Musim Hujan, Ini Penjelasan BMKG


Jumat, 07 Januari 2022 / 06:41 WIB
Cuaca di Jawa Panas Saat Musim Hujan, Ini Penjelasan BMKG
ILUSTRASI. BMKG menjelaskan mengapa dalam beberapa hari terakhir ini cuaca di Pulau Jawa terasa panas saat musim hujan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa hari terakhir, cuaca di Pulau Jawa terasa panas saat musim hujan. Mengapa demikian? Yuk disimak penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dijelaskan bahwa beberapa hari terakhir curah hujan di Pulau Jawa berkurang. Sehingga, hal itu menyebabkan cuaca panas imbas tidak ada hujan. BMKG menyebut, cuaca panas dan curah hujan yang berkurang di Jawa beberapa hari terakhir, karena sirkulasi siklonik di sekitar Laut Natuna. 

"Jika diilihat dari pola angin, saat ini terpantau adanya sirkulasi siklonik di sekitar Laut Natuna, barat Laut Kalimantan yang menahan massa uap air dari Asia. Hal ini menyebabkan uap air ke BBS (Belahan Bumi Selatan) atau tepatnya ke pulau Jawa relatif lebih sedikit atau berkurang dari biasanya," kata BMKG dikutip dari akun Instagram resminya, @infobmkg, Kamis (6/1/2022). 

BMKG menambahkan, jika dilihat dari kelembapan udara lapisan 700 mb, terpantau RH yang cukup kering di wilayah Jawa, terutama Jawa Barat bagian selatan, Jawa Tengah, dan sebagian Jawa Timur. Hal ini menyebabkan asupan untuk pembentukan awan-awan hujan menjadi berkurang. 

Baca Juga: Cuaca Hari Ini di Jabodetabek Hujan Ringan hingga Lebat, Awas Petir dan Angin Kencang

BMKG pun mengimbau, masyarakat tetap waspada dalam beberapa hari ke depan, yakni 9-13 Januari 2022, diperkirakan Pulau Jawa akan kembali mengalami peningkatan intensitas curah hujan. 

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan, musim tidak identik dengan suhu dingin atau panas, namun musim identik dengan curah hujan. Ia menjelaskan, saat musim penghujan seperti sekarang, dapat dilihat di lokasi-lokasi yang mengalami pendinginan suhu, maka di wilayah itu pula biasanya cuacanya cerah. 

Baca Juga: Cuaca Hari Ini di Jawa dan Bali: Surabaya Cerah, Yogyakarta Cerah Berawan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×