kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chatib Basri ditunjuk jadi Wakil Komut Bank Mandiri, ini profilnya


Minggu, 08 Desember 2019 / 19:46 WIB
Chatib Basri ditunjuk jadi Wakil Komut Bank Mandiri, ini profilnya
ILUSTRASI. Chatib Basri. KONTAN/Fransiskus Simbolon/30/11/2015


Sumber: TribunNews.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menunjuk Mantan Menteri Keuangan Republik Indonesia Periode 2013-2014, Muhammad Chatib Basri sebagai Wakil Komisaris Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Penunjukkan jabatan tersebut akan diresmikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Senin (9/12).

Baca Juga: Chatib Basri: Saya yakin, dengan omnibus law ekspor bisa naik di atas 5%

”Saya bersyukur Pak Chatib Basri mau masuk dalam jajaran Komisaris Bank Mandiri, Mantan Menteri dengan reputasi yang sangat baik mau berkeringat ikut membenahi BUMN. Semoga menjadi sinyalemen positif bagi Bank Mandiri,” jelas Erick Thohir melalui keterangan pers, Minggu (8/12).

Erick berharap masuknya Chatib dalam jajaran pimpinan Bank Mandiri mampu meningkatkan kinerja Bank Mandiri secara nasional serta menjadikannya sebagai pemain financial services yang disegani di Asia Tenggara. 

Sementara itu, Chatib mengaku posisi yang diembannya saat ini sebuah kehormatan besar. “Menjadi Wakil Komisaris Utama di bank sebesar Mandiri bukanlah hal yang mudah, ini sekaligus sebuah tantangan,” katanya.

Baca Juga: Gelar market outlook 2020, Bank Mandiri optimis ekonomi membaik

“Apalagi Pak Menteri meminta fungsi Komisaris saat ini betul-betul dijalankan dengan baik. Saya berharap kinerja Mandiri terus meningkat dan disegani dan mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan yang terjadi,” ujar Chatib.

Saat ini Chatib menjadi anggota Dewan Penasehat World Bank untuk Gender dan Pembangunan. Karier Chatib juga tercatat sukses ketika menjabat sebagai Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada 2012-2013.

Selain itu, ia pernah memimpin Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) pada tahun 2004-2009. LPEM mencatat keahlian utama Chatib ada di bidang makroekonomi, perdagangan internasional, dan ekonomi politik.

Baca Juga: Ada konsep ASEAN Centrality, Indonesia dipandang bisa jadi pemimpin ASEAN

Kemampuannya membuat sang ekonom dipercaya untuk memegang berbagai jabatan penting seperti penasihat di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (2004-2005), Deputi Menteri Keuangan untuk G-20 (2006-2010), merepresentasikan Indonesia (Sherpa Indonesia) di Konferensi Tingkat Tinggi G-20 di Washington (2008), dan sebagai Wakil Ketua Komite Ekonomi Nasional Presiden RI (2010-2012).

Chatib sendiri pernah menjadi Dewan Komisaris di berbagai perusahaan, seperti PT Astra International, PT Indika Energy, dan Axiata Group Bhd (Malaysia). (Reynas Abdila)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Mantan Menkeu Chatib Basri Ditunjuk Jadi Wakil Komut Bank Mandiri"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×