kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Chatib Basri: Saya yakin, dengan omnibus law ekspor bisa naik di atas 5%


Kamis, 05 Desember 2019 / 08:22 WIB
Chatib Basri: Saya yakin, dengan omnibus law ekspor bisa naik di atas 5%
ILUSTRASI. Chatib Basri. KONTAN/Fransiskus Simbolon/30/11/2015


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mantan Menteri Keuangan sekaligus ekonom senior Chatib Basri menyebut kebijakan moneter dan fiskal tidak efektif dalam mengatasi perlambatan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, Chatib menilai Omnibus Law sudah on the track dan hanya tinggal menunggu realisasinya saja.

"Saya yakin, dengan itu (omnibus law) bisa naik ekspor tentunya di atas 5%. Sekarang fiskal dan moneter hanya bisa membuat ekonomi stabil saja. Tapi kalau mau lebih meningkatkan lagi saya pikir dengan omnibus law, dan itu sudah betul," kata Chatib saat ditemui di Kempinski Jakarta, Rabu (4/12/2019).

Chatib menilai, dampak penggunaan kebijakan fiskal dan moneter sangat terbatas. Hal ini mengingat penerimaan pajak yang kurang maksimal dan dampak dari The Fed yang sudah menghentikan penurunan suku bunganya.

Baca Juga: Begini harapan pengusaha dan konsultan pajak tentang omnibus law perpajakan

"Kalau kita mau tumbuh lebih tinggi, kita enggak bisa menggunakan fiskal dan moneter kerena dua hal itu memiliki ruang terbatas. Penerimaan pajak kita drop dan kebijakan moneter kita juga enggak bisa terus diturunin karena The Fed sudah berhenti menurunkan suku bunganya," jelas Chatib.

Sebelumnya, Presiden Jokowi akan menyederhanakan dua UU yang tergabung dalam Omnibus Law. Dua undang-undang tersebut antara lain, UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM. Mengingat ekonomi Indonesia yang saat ini terimbas pelemahan ekonomi global, maka Chatib menilai sektor rill butuh terus didorong.

Baca Juga: Pemerintah Segera Tuntaskan Aturan Sapu Jagat alias Ombinus Law Perpajakan premium

Meski demikian, ini juga harus diimbangi dengan regulasi yang mendukung. "Jadi kalau mau jalan memang harus dari kebijakan di sektor rill. Kalau itu dilakukan mungkin growth kita bisa lebih tinggi," jelasnya.

Chatib menyebut omnibus law yang saat ini sedang digodok pemerintah dinilai mampu memitigasi persoalan yang berpotensi terjadi pada sektor rill. "Tapi ini untuk memitigasi, dan kalau ditanya mengenai sosial asisstance, saya rasa enggak menyelesaikan semua persoalan, tapi lebih meminimalisir dari dampak yang mungkin terjadi," tambahnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Chatib Basri : Kebijakan Fiskal dan Moneter Kurang Efektif Atasi Perlambatan Ekonomi"
Penulis : Kiki Safitri
Editor : Bambang Priyo Jatmiko

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×