kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah penyebaran corona, Ditjen Perhubungan Laut periksa kesehatan penumpang kapal


Selasa, 24 Maret 2020 / 22:55 WIB
Cegah penyebaran corona, Ditjen Perhubungan Laut periksa kesehatan penumpang kapal
ILUSTRASI. Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub memperketat pengawasan kepada para penumpang kapal.


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam rangka mencegah dan menangkal penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di wilayah pelabuhan, Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berupaya untuk terus memperketat pengawasan kepada para penumpang kapal, baik penumpang yang debarkasi maupun embarkasi.

Melalui Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas II Labuan Bajo, petugas di pelabuhan secara masif melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh penumpang yang naik maupun turun dari kapal.

Prosedur ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan corona dan juga sesuai dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor SE 8 Tahun 2020 tentang Langkah Siaga Penyebaran Virus Corona di Wilayah Pelabuhan Indonesia.

Baca Juga: Cegah corona, akses transportasi laut ke Kepulauan Seribu dibatasi

"Kami selaku petugas di lapangan, senantiasa memastikan penumpang kapal yang tiba di terminal kedatangan telah melewati alat pemindai suhu tubuh guna memastikan tidak ada yang terinfeksi virus corona," ujar Kepala Kantor UPP Kelas II Labuan Bajo Simon B. Baun di dalam keterangan tertulis, Selasa (24/3).

Simon mengatakan, apabila saat diperiksa terdapat penumpang yang suhu tubuhnya melebihi 38 derajat celsius, maka penumpang tersebutakan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sesuai dengan ketentuan. Pemeriksaan ini juga dilakukan melalui kerja sama dengan pihak Karantina Kesehatan.

"Kami juga telah menyediakan hand sanitizer di wilayah pelabuhan yang dapat digunakan oleh para penumpang kapal untuk menjaga kebersihan tangan," lanjut Simon.

Baca Juga: Jokowi hitung skenario ringan hingga berat dampak virus corona

Sebagai informasi, Kantor UPP Kelas II Labuan Bajo juga telah melakukan pemeriksaan gabungan kepada penumpang kapal bersama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), PT. Pelni, Syahbandar, Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Laut, TNI Angkatan Laut dan Basarnas di Kapal Penumpang KM Tilong Kabila, pada Minggu (23/3) lalu.

Selain itu, tim gabungan ini juga rutin melakukan rapat kontinu atas setiap rencana kedatangan kapal penumpang PT Pelni atau PT ASDP di kantor UPP Kelas II Labuan Bajo.

Lebih lanjut, Simon mengingatkan kepada masyarakat untuk turut berperan aktif membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona dengan tetap melakukan aktivitas atau pekerjaan dari rumah. "Lakukanlah aktivitas di luar rumah seperlunya, seperti untuk urusan kesehatan ataupun membeli bahan makanan, jangan lupa untuk melakukan social distancing," kata Simon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×