kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,25   4,56   0.46%
  • EMAS1.134.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! Bantuan Beras 10 Kg Disalurkan Mulai September hingga November 2023


Jumat, 08 September 2023 / 05:42 WIB
Catat! Bantuan Beras 10 Kg Disalurkan Mulai September hingga November 2023
ILUSTRASI. Pemerintah melalui Bulog akan menyalurkan bantuan pangan beras beras mulai September hingga November 2023. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus berupaya mengendalikan kenaikkan harga beras di pasar. Menurut Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, pemerintah melalui Bulog akan menyalurkan bantuan pangan beras beras mulai September hingga November 2023. 

"Karena di bawah beras lagi mahal sekarang, pemerintah juga akan gelontorkan bantuan beras untuk keluarga kurang mampu 21,3 juta, di situlah kita membagikan selama 3 bulan ke depan," kata Erick saat ditemui di Gedung Galeri Koperasi dan UMKM, Tangerang Selatan, Kamis (7/9/2023).

Erick mengatakan, dalam bantuan pangan tersebut, satu keluarga penerima manfaat mendapatkan 10 kg beras. 

"Satu keluarga 10 kg, itu program melalui Bulog, Bansos melalui PT Pos," ujarnya. 

Lebih lanjut, Erick mengatakan, stok beras Bulog tercatat 1,3 juta ton beras untuk mendukung bantuan pangan tersebut. 

"Stok (1,3 juta ton beras) dan tambah lagi ya kalau bisa di 2 juta," ucap dia. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengungkapkan, pemerintah akan memberikan bantuan beras 10 kilogram kepada setiap keluarga penerima manfaat (KPM) mulai September 2023. 

Baca Juga: Bapanas: Harga Beras Naik, Tapi Tidak Langka

Hal ini ia sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi Tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, Kamis (31/8/2023). 

"Mulai awal September ini akan didistribusikan secepatnya bantuan pangan beras, satu keluarga penerima manfaat mendapatkan 10 kilogram beras, ini juga seperti semioperasi pasar," kata Jokowi, Kamis siang.

Jokowi menyebutkan, akan ada 21,3 juta KPM yang menerima bantuan tersebut. Adapun bantuan tersebut akan diberikan selama tiga bulan. 

"Sehingga tiap bulan akan keluar 210.000 ton setiap bulan selama 3 bulan, September, Oktober, November akan terus berikan bantuan pangan berupa beras," kata Jokowi. 

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menuturkan, kebijakan tersebut merupakan upaya pemerintah untuk menstabilkan harga beras. 

Baca Juga: Harga Minyak Global Hingga Beras Melonjak, Pemerintah Khawatir Berimbas ke Inflasi

Ia mengungkapkan, dari beragam komoditas pangan, hanya harga beras yang mengalami inflasi, sedangkan bahan pangan lainnya tercatat turun. 

Jokowi menuturkan, masalah harga beras tersebut merupakan dampak dari terjadinya El Nino. Ia mengatakan, gara-gara El Nino, negara-negara pengekspor beras seperti India, Kamboja, dan Bangladesh kini tidak mau melepas beras ke luar negeri. 

"Ya bagaimana harga beras enggak naik, mereka semuanya enggak ekspor, pegang untuk keamanan dalam negerinya. Sehingga perlu saya ingatkan urusan beras tolong diliat terus, ini kebutuhan pokok kita," kata Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir: Bantuan Beras 10 Kg Per Keluarga Disalurkan hingga November 2023"
Penulis : Haryanti Puspa Sari
Editor : Aprillia Ika

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×