kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45789,90   15,53   2.01%
  • EMAS1.029.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.06%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.02%

Cara mudah cetak Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga sendiri pakai kertas HVS


Selasa, 14 Juli 2020 / 08:54 WIB
Cara mudah cetak Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga sendiri pakai kertas HVS
ILUSTRASI. JAKARTA,17/04-PENUTUP MUKA UNTUK BAYI. Bayi memakai 'Face Shield' di RSIA Tambak, Jakarta, Jumat (17/04). Cara mudah cetak Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga sendiri cukup memakai kertas HVS. KONTAN/Fransiskus Simbolon

Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Momen kelahiran anak tentu menjadi masa paling membahagiakan bagi keluarga. Bersamaan dengan itu, kepala keluarga harus melengkapi adminstrasi kependudukan seperti mengurus akta kelahiran dan memasukkan sang buah hati ke dalam daftar anggota keluarga di Kartu Keluarga.

Tapi pengurusan akta kelahiran dan kartu keluarga ini bisa jadi momentum yang menyibukkan di tengah pandemi virus corona Covid-19.

Kini jangan khawatir, urusan cetak mencetak dokumen kependudukan seperti kartu keluarga, akta kelahiran, akta kematian dan lain-lain tak perlu repot lagi.

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri membuat terobosan baru di bidang kependudukan khususnya Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran dokumen lainnya. 

Kini dokumen kependudukan berupa Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran bisa dicetak sendiri oleh masyarakat menggunakan kertas HVS biasa.

Proses pencetakan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran ini memungkinkan dilakukan secara mandiri lantaran proses digitalisasi pelayanan administrasi kependudukan oleh Dukcapil terus meningkat. 

Awalnya dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil meluncurkan layanan Dukcapil Go Digital dengan mengesahkan tanda tangan elektronik (TTE).

Menurut Direktur Jenderal Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, instansinya berupaya untuk terus berlari memperbaiki administrasi kependudukan termasuk mempermudah pengurusan Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran. 

"Tak hanya berlari, malah terkadang melompat, untuk mengembangkan pelayanan Administrasi Kependudukan online sebagai pengganti layanan manual tatap muka yang tidak menguntungkan di masa pandemik Covid-19 yang belum mereda ini," katanya. 

Menurut Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh, pada era digital seperti sekarang ini, semua urusan selesai di genggaman tangan. 

SELANJUTNYA>>>

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×