kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45997,15   3,55   0.36%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cap cip cup, siapa cawapres pendamping Jokowi?


Senin, 16 Juli 2018 / 15:12 WIB
Cap cip cup, siapa cawapres pendamping Jokowi?
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bak kuis tebak-tebakan, nama calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 masih menjadi misteri. Tak ayal, banyak pihak yang berspekulasi nama yang akan dipilh oleh Presiden Indonesia ke-7 itu.

Tapi, tampak berbeda, Jokowi kali ini sudah mulai buka-bukaan siapa nama calon yang telah dikantonginya. Setelah mengatakan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masuk dalam 'kantong', Jokowi kembali menyebutkan tiga nama lainnya.

Ketiganya yakni, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD, Gubernur NTB TGB Zainul Majid, dan Ketua Umum DPP Golkar Airlangga Hartarto. Sekadar tahu saja, nama-nama tersebut muncul saat Presiden menghadiri acara Bela Negara Partai Nasional Demokrat di Gedung ABN Nasdem Pancoran, Jakarta, Senin pagi (16/7) .

Dimana, acara tersebut dihadiri ketiga tokoh tersebut. Tak mau kehilangan kesempatan, awak media pun langsung menanyakan bagaimana perkembangan nama-nama cawapres yang telah dikantonginya. Pasalnya, ketiga nama itu sudah santer terdengar akan maju sebagai pendamping Jokowi di tahun depan.

Seperti TGB yang memilih berbalik arah dari Partai Demokrat menjadi pendukung Jokowi untuk memimpin dua periode 2019-2024. "Pak bagaimana Pak Mahfud MD masuk (kantong) enggak?," tanya para wartawan. "Masuk, masuk," kata Jokowi.

"Kalau Pak TGB pak?," lanjut wartawan. "Masuk masuk," katanya lagi. Lalu wartawan juga menanyakan nama Airlangga apakah juga masuk dalam kantong bursa cawapres. "Kalau yang ada di samping bapak (Airlangga) masuk juga ngga pak?," tanya wartawan lagi. "Masuk, masuk," kata Presiden diteruskan dengan tertawa.

Lebih lanjut Presiden menuturkan, dirinya tidak hanya memiliki satu kantong saja. "Tapi harus dimengerti ya, kantong saya itu ngga cua satu, kantong luar ada, kantong dalam ada, kantong celana ada kanan dan kiri, masih ada kantong belakang juga ada," sambung Jokowi dengan penuh tawa.

Terlepas dari itu, Jokowi mengatakan nama-nama cawapres yang siap dipilihnya itu sudah mengerucut dari 10 menjadi lima nama. Lima nama itu lah yang saat ini sedang digodok. Bahkan untuk 'menggodoknya' ia mengaku terus bertemu dengan ketua-ketua partai pendukung.

"Pertemuan hampir setiap hari tapi banyaknya tertutup," katanya. Ia pun berjanji, nama terpilih akan siap dikeluarkan jika proses penggodokan telah matang (selesai). "Sekali lagi saya sampaikan masih digodok yang matang. Kalau matang itu nanti enak semuanya. Kalau belum matang belum dikeluarkan gimana? Nggak enak, setengah matang nanti," ujar Jokowi.

Di kesempatan yang lain, ketiga nama tersebut tidak lekas langsung dibuat GR oleh pernyataan Jokowi. "Saya tidak tahu ya, itu Pak Jokowi yang tahu. Saya sendiri kan tidak tahu. Saya kira yang tahu Pak Jokowi dan partai-partai," ungkap Mahfud MD. Ia pun berharap calon yang akan dipilih nanti adalah tokoh yang terbaik.

Begitu juga dengan TGB yang sempat berbincang dengan Jokowi di ruang makan acara tersebut. "Ya wallahualam, itu kan prerogatif beliau ya, tapi banyak tokoh yg lebih senior yang lebih mumpuni dari saya," ujar TGB. Sementara itu Airlangga dari awal menegaskan dirinya bersama-sama Partai Golkar menyerahkan seluruhnya soal cawapres ke Presiden Jokowi. "Yang jelas, kami berkomitmen mendukung bapak Presiden di tahun depan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×