kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Covid-19 Indovac dan AWcorna


Jumat, 30 September 2022 / 13:31 WIB
BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Covid-19 Indovac dan AWcorna
ILUSTRASI. BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Indovac dan Vaksin AWcorna. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nym.


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menerbitkan izin edar atau Emergency Used Authorization/EUA kepada dua vaksin Covid-19, yaitu Vaksin Indovac dan Vaksin AWcorna. Vaksin Indovac dikembangkan oleh PT Bio Farma bekerja sama dengan Baylor College of Medicine USA. 

Sementara Vaksin AWcorna merupakan vaksin Covid-19 dengan platform mRNA yang didaftarkan oleh PT Etana Biotechnology Indonesia (PT Etana) dan dikembangkan oleh Abogen-Yuxi Walvax, China. 

"(BPOM menerbitkan EUA) untuk Vaksin Indovac, ini adalah vaksin pengembangan dalam negeri. Kedua adalah vaksin AWcorna, yaitu vaksin yang unik dan menggunakan teknologi, yaitu platform mRNA," kata Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam konferensi pers secara daring, Jumat (30/9/2022). 

Baca Juga: Pemerintah Buka Akses Vaksinasi Covid-19 ke WNA

Penny mengungkapkan, Vaksin Indovac adalah vaksin pertama yang dikembangkan di dalam negeri sendiri. Walaupun bekerjasama dengan institusi peneliti dari AS, Baylor College of Medicine dari AS, namun tahapannya dikembangkan di Indonesia. Vaksin ini tercatat telah melalui uji klinik fase I, II dan fase III. 

Platform teknologi pengembangan vaksin Indovac yaitu platform protein rekombinan sub-unit (yeast based). BPOM kata Penny, telah melakukan evaluasi yang dikaitkan dengan aspek khasiat, keamanan, dan mutu untuk vaksin tersebut, dengan standar evaluasi yang berlaku selama ini. 

"Tidak ada laporan kematian yang terkait dengan pemberian vaksin Indovac. Jadi efek samping vaksin yang dilaporkan umumnya ringan, nyeri lokal 13 persen (mialgia/nyeri otot)," jelas Penny. 

Baca Juga: Capaian Booster Rendah, Kemenkes Siapkan Strategi untuk Percepatan Vaksinasi

Lebih lanjut Penny mengungkapkan, kedua vaksin yang mendapat izin edar juga sudah tersertifikasi halal. Dia berharap setelah diterbitkannya EUA, Indonesia memiliki alternatif tambahan untuk jenis vaksin penanggulangan Covid-19. 

Dari aspek kemandirian vaksin, Indonesia tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan domestik dengan produksi vaksin dalam negeri, tapi juga mampu memenuhi pasar ekspor sehingga mempunyai kepemimpinan (leadership) di mata internasional "Kedua vaksin ini juga telah mendapatkan fatwa halal dari MUI dan sertifikasi halal dari BPJPH (Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal)," jelas Penny.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPOM Terbitkan Izin Edar Vaksin Indovac dan Vaksin AWcorna"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×