kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPK janji akan semakin ketat dalam memeriksa laporan keuangan pemerintah


Kamis, 24 Oktober 2019 / 21:35 WIB
BPK janji akan semakin ketat dalam memeriksa laporan keuangan pemerintah
ILUSTRASI. Gedung Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Jalan Gatot Subroto Kav 31, Jakarta Pusat (22/4/2014). Sebelumnya diberitakan, mantan Ketua BPK, Hadi Poernomo, ditetapkan tersangka oleh KPK terkait dugaan korupsi permohonan keberatan pajak yang diajukan Bank Centr


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) akan melakukan pemeriksaan lebih ketat pada laporan keuangan pemerintah. Pemeriksaan tersebut akan sesuai dengan standar pemeriksaan yang dimiliki BPK.

Ketua BPK Agung Firman Sampurna mengatakan, hal itu dilakukan mengingat perolehan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2018 menyisakan masalah yang banyak.

Baca Juga: BPK ingatkan kementerian dengan anggaran besar lebih berisiko

'"Laporan keuangan pemerintah saat ini tidak didasarkan revaluasi aset. Jika dipaksakan menggunakan revaluasi aset, opini tidak seperti sekarang. Opininya mungkin adverse," ujar Agung, Kamis (24/10).

Menurut Agung, dalam hasil pemeriksaannya, BPK menolak revaluasi aset yang dilakukan oleh pemerintah. Dia mengatakan, dasar penolakan tersebut adalah ditemukannya masalah dalam aspek keberadaan, kepemilikan dan peruntukan.

"Itu masalah cukup berat, dengan demikian kami merekomendasikan untuk tidak menggunakan hasil evaluasi aset tersebut dalam laporan keuangan yang dibuat pemerintah," jelas Agung.

Selain meminta pemerintah untuk merapika tata kelola aset, Agung juga berharap pemerintah patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan. Pasalnya, pada tahun 2018 tidak ada APBNP yang dilakukan, padahal menurutnya, bila ada perubahan terhadap asumsi harus dilajukan APBNP.

Baca Juga: BPK berharap rekomendasi yang belum ditindaklanjuti pemerintah berkurang tiap tahun

"Pemerintah pada saat itu memiliki komitmen melalui menteri keuangan akan melakukan perubahan, dan akan kami lihat dan kami awasi. Kami juga akan membuat laporan yang memberikan informasi yang memadai dan dibutuhkan sesuai dengan dengan kebutuhan saat ini," tambah Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×