kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.568.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.190   15,00   0,09%
  • IDX 7.089   24,28   0,34%
  • KOMPAS100 1.050   2,99   0,29%
  • LQ45 820   -0,96   -0,12%
  • ISSI 212   2,00   0,95%
  • IDX30 421   -0,80   -0,19%
  • IDXHIDIV20 504   -0,45   -0,09%
  • IDX80 120   0,40   0,33%
  • IDXV30 124   0,56   0,46%
  • IDXQ30 139   -0,48   -0,34%

BI: Tiga pelajaran penting dari ekonomi 2015


Kamis, 28 April 2016 / 12:50 WIB
BI: Tiga pelajaran penting dari ekonomi 2015


Reporter: Adinda Ade Mustami | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Bank Indonesia (BI) menyimpulkan tiga pelajaran yang didapat dari perekonomian tahun lalu. Hal tersebut terangkum dalam Laporan Perekonomian Indonesia (LPI) tahun 2015 berjudul "Bersinergi Mengawal Stabilitas, Mewujudkan Reformasi Struktural", Kamis (28/4).

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pelajaran pertama yaitu kebijakan makroekonomi perlu diterapkan secara disiplin, hati-hati, konsisten, dan tepat waktu, baik fiskal maupun moneter. Hal itu menjadi kunci dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Pelajaran kedua, yaitu menunjukkan bahwa disiplin kebijakan makroekonomi tersebut tidak cukup tanpa didukung oleh sinergi kebijakan yang kuat antarpemangku kebijakan, baik BI, pemerintah pusat dan daerah serta otoritas terkait lainnya.

Ketiga, pentingnya implementasi reformasi struktural dan diversifikasi sumber pertumbuhan ekonomi, temasuk hilirisasi, yang dapat memperkuat fondasi perekonomian, sehingga perekonomian menjadi lebih berdaya tahan (resilien) dan tumbuh secara berkelanjutan.

"Berbagai pelajaran itu jadi bekal penting karena kami yakin tidak ada yang kebetulan dari dinamika suatu bangsa," kata Agus dalam sambutannya. Oleh karena itu lanjutnya, berbagai tantangan dan risiko ke depan perlu diantisipasi dan disiplin dengan kebijakan yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Bond Voyage Mastering Strategic Management for Business Development

[X]
×