kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BI: Pemalsuan Uang Rupiah Sangat Sulit Dilakukan


Jumat, 18 Agustus 2023 / 13:25 WIB
BI: Pemalsuan Uang Rupiah Sangat Sulit Dilakukan
ILUSTRASI. Bank Indonesia (BI) menyatakan, pemalsuan uang rupiah saat ini akan sangat sulit dilakukan. ANTARA FOTO/Andri Saputra/aww.?


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) menyatakan, pemalsuan uang rupiah saat ini akan sangat sulit dilakukan. Hal ini lantaran BI terus melakukan pengembangan keamanan pada uang rupiah yang beredar.

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI) Marlinson Hakim mengatakan, setiap saat selalu ada orang yang berniat memalsukan uang. Namun yang perlu dicermati adalah bagaimana tingkat dan pemalsuannya

"Semua orang ingin memalsukan (rupiah), pasti, tapi dari sisi teknologi tidak akan pernah sama," kata dia dalam acara Festival Rupiah Bedaulat Indonesia (FERBI), Jumat 18/8/2023).

Ia menambahkan, pada umumnya pemalsuan uang rupiah dilakukan hanya dengan mesin cetaklaser. Saat ini hal tersebut tidak dapat dilakukan kembali karena teknologi terbaru memastikan, uang yang difotokopi hanya akan menghasilkan warna hitam.

Baca Juga: BI Rilis Fitur Transfer dan Tarik Tunai QRIS Tuntas

Sementara, untuk pemalsuan dengan meniru gambar melati di dalam uang rupiah, Marlinson bilang, juga sulit dilakukan. Pasalnya Bank Indonesia menggunakan tinta dan teknologi cetak yang berbeda untuk uang.

"Kenapa tidak bisa dipalsukan karena bahan uang itu pemasoknya terbatas, pemain dunia itu hanya tebatas saja, tertentu saja," imbuh dia.

Lebih lanjut, ia menekankan, tinta yang digunakan untuk mencetak uang juga khusus dan tidak diperjualbelikan secara bebas.

"Belum lagi mesin cetaknya, sehingga tidak bisa dilakukan pemalsuan," timpal dia.

Lebih lanjut, Marlinson bilang, selama ini pemalsuan uang dilakukan dengan cara yang relatif konvensional.

Salah satu yang membedakan adalah uang tersebut biasanya akan licin, sedangkan uang rupiah asli akan bertekstur kasar bahkan saat lusuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BI Sebut Rupiah Sulit Dipalsukan, Ini Alasannya"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×