kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bersinergi dengan pemda dan korporasi, BI dorong optimalisasi investasi pariwisata


Jumat, 31 Agustus 2018 / 17:24 WIB
Bersinergi dengan pemda dan korporasi, BI dorong optimalisasi investasi pariwisata
ILUSTRASI. Logo Bank Indonesia (BI)


Reporter: Herlina KD | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Demi mempercepat penerimaan devisa negara, Bank Indonesia mendorong optimalisasi investasi daerah terutama untuk sektor pariwisata. Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah dengan menggelar investment day dengan tema Tourism, Connectivity, and Related Investment di Singapura Jumat (31/8).

Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia Mirza Adityaswara mengatakan, kegiatan Investment Day ini bertujuan untuk mempertemukan investor global potensial dan potensi investasi daerah di Indonesia. "Dalam hal ini, BI bersinergi dengan pemerintah daerah, korporasi dan UMKM mempromosikan 30 project profile investment opportunities di delapan daerah investasi potensial," ujar Mirza dalam keterangan resminya Jumat (31/8).

Kedelapan daerah investasi potensial itu antara lain Provinsi Sumatra Utara, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Provinsi kalimantan Timur, Provinsi Sulawesi Utara, Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Nusa Tenggara Timur. "Proyek yang dipromosikan adalah proyek investasi yang bersifat clean and clear yaitu memiliki feasibility study serta tidak memiliki kendala dalam izin usaha dan lahan," imbuh Mirza.

Menurut Mirza, promosi terpadu untuk sektor pariwisata merupakan langkah konkrit dari implementasi kesepakatan antara pemerintah dan Bank Idonesia dalam rapat koordinasi pemerintah pusat pemerintah daerah, BI dan Otoritas Jasa Keuangan pada 29 Agustus. 

Dalam Rakorpusda tesebut, salah satu strategi kebijakan yang menjadi prioritas untuk sektor pariwisata adalah peningkatan aksesibilitas, keragaman atraksi, kualitas amenitas dan didukung oleh penguatan promosi dan peningkatakn kapasitas pelaku pariwisata terutama untuk destinasi wisata prioritas.

Nah, Indonesia Investment Day adalah perwujudan program lingkage investor relation unit (IRU) yang bertujuan untuk mensinergikan upaya dan peran kementerian/lembaga dan BI dalam mengelola persepsi positif terhadap ekonomi Indonesia untuk mendorong aliran investasi ke Indonesia. "Kegiatan ini diharapkan dapat mendukung investasi dan perdagangan Indonesia dengan negara mitra yang semakin baik, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan,"ujar Mirza.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×