kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berkat Kampus UMKM Ekspor Shopee, Daster Ony Berhasil Go International


Sabtu, 31 Juli 2021 / 15:56 WIB
Berkat Kampus UMKM Ekspor Shopee, Daster Ony Berhasil Go International
ILUSTRASI.


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Peran pemerintah dan perusahaan e-commerce mampu mendukung akselerasi pertumbuhan sektor usaha kecil dan menengah (UMKM). Langkah nyatanya  Shopee Indonesia dan Pemerintah Kota Surakarta yang baru saja membuka Kampus UMKM Shopee Ekspor sebagai lanjutan kolaborasi strategis demi meningkatkan kualitas dan mempersiapkan UMKM Surakarta Go Ekspor.

Daster Batik Ony merupakan salah satu dari penjual asal Surakarta yang sudah merasakan manfaat yang diberikan oleh Kampus UMKM Shopee Ekspor Solo. Tiffany, Pemilik Daster Batik Ony mengatakan pihaknya mendapatkan edukasi, pelatihan dan pendampingan dalam terus memaksimalkan bisnis yang dimilikinya. Menurutnya, materi-materi yang diberikan oleh Shopee sangat membantu terlebih lagi di masa pandemi ini, di saat Tiffany harus memfokuskan penjualannya secara online demi tetap bisa membiayai pegawainya.

“Saya berterima kasih dengan edukasi, pendampingan dan pelatihan yang diberikan oleh Shopee kepada kami para penjual dalam terus meningkatkan performa bisnis kami. Tidak dapat dipungkiri, semua itu memberikan dampak yang signifikan,” kata Tiffany.

Dulu, Tiffany pernah mencoba untuk mengekspor produknya lewat media sosial, namun prosesnya tidak semudah mengekspor melalui Shopee. Dengan Program Ekspor Shopee, Tiffany tidak perlu mengkhawatirkan proses pengiriman dan pembayaran yang berbeda-beda di tiap negara tujuan. Ia menangani pesanan ekspornya semudah memenuhi pesanan lokal.

Adapun Daster Batik Ony sudah bergabung di Program Ekspor Shopee sejak Maret 2021, di bulan yang sama, mereka langsung mendapatkan pesanan pertamanya. Pesanan ekspor terus berdatangan hingga saat ini. Saat ini, ratusan produk-produk Daster Batik Ony sudah diekspor ke Singapura dan Malaysia. Edukasi dan pendampingan yang diberikan oleh Shopee terutama soal ekspor dirasa Tiffany mempermudah penjualan dan meningkatkan kepercayaan dirinya, terutama edukasi tentang iklan di luar negeri yang merupakan hal yang sama sekali baru untuk Daster Batik Ony.

“Di Kampus Ekspor Shopee Ekspor Solo pun kita dapat dengan mudah mengkonsultasikan strategi dan program untuk menopang bisnis kita. Semoga pandemi ini cepat berlalu sehingga kita dapat kembali merasakan kelas-kelas secara langsung dan bisa langsung bertanya kepada mentor-mentor yang ada di sana,” kata Tiffany.

Berkat Shopee, Tiffany berhasil membuka semakin banyak peluang bagi orang-orang di sekitarnya. Semenjak berjualan di Shopee, Daster Batik Ony sudah menciptakan lapangan pekerjaan dalam pemrosesan Daster Batik Ony mulai dari tim produksi yang mencakup penjahit, desainer motif dan model, hingga tim penjualan yang jumlahnya sudah bertambah dua kali lipat sejak bergabung bersama Shopee.

Masa pandemi yang sudah berjalan lebih dari satu tahun ini, ternyata tidak menurunkan penjualan yang dihasilkan oleh Daster Ony di Shopee. Sejak pertama kali pandemi di Maret 2020, menurut Tiffany, omzetnya luar biasa meningkat. Tiffany bersyukur karena dirinya sudah menjual daster miliknya di Shopee sejak 2018 dan mengembangkan toko online yang dimilikinya di Shopee, karena selama pandemi dirinya tidak bisa menjual produk secara offline terutama saat masa PPKM di mana tokonya tutup selama 1 bulan lamanya.

Ke depannya, Tiffany berharap dapat semakin meningkatkan penjualannya baik di Indonesia maupun di luar negeri. Ia juga berharap dengan semakin meningkatnya penjualan, bisa semakin membuka lapangan pekerjaan orang-orang di sekitarnya terutama melalui keinginannya memiliki pabrik sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×