kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Basarnas perluas jangkauan pencarian AirAsia


Senin, 29 Desember 2014 / 22:18 WIB
Basarnas perluas jangkauan pencarian AirAsia
ILUSTRASI. Pencari SUV Merapat, Inilah Harga Mobil Mitsubishi Pajero Sport Terbaru di Tahun 2023


Sumber: Kompas.com | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. Tim khusus Badan SAR Nasional (Basarnas) yang dikerahkan dalam pencarian pesawat AirAsia QZ8501 akan memperluas pencarian hingga mendekati perairan dekat Kalimantan. Sebelumnya, pencarian yang dilakukan di sekitar perairan Belitung Timur belum juga membuahkan hasil.

"Sesuai koordinasi Basarnas, besok akan kami lanjutkan pencarian hingga menyusuri Selat Karimata sampai Teluk Kumai di Kalimantan," ujar Nakhoda Kapal KM 224 Kapten Ahmad, saat tiba di Dermaga Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Senin (29/12/2014).

Ahmad mengatakan, jarak tempuh yang dijalani mulai Selasa pagi, sejauh sekitar 180 mil laut, hingga mencapai Kumai, di Kalimantan, sedangkan waktu tempuh untuk pencarian pada hari kedua diperkirakan memakan waktu 5-6 jam.

Saat ini, semua tim Basarnas dan para awak media yang ikut meliput usaha pencarian pesawat akan bermalam di Kota Manggar, Kabupaten Belitung Timur. Rencananya, pencarian menggunakan kapal milik Basarnas akan dimulai pada pukul 06.00 WIB. Kapal KN 224 berangkat dari Dermaga Kalijabat, Tanjung Priok, pada Minggu sore, kemarin.

Kapal baru tiba di perairan Belitung, pada hari Senin, sekitar pukul 04.15 WIB. Begitu kapal sampai pada titik pencarian, 20 anggota tim khusus Basarnas segera melakukan pencarian. Dalam proses pencarian kali ini, tim khusus Basarnas masih berfokus mencari tanda-tanda keberadaan pesawat AirAsia dengan jenis Airbus A320 yang diperkirakan berada di sekitar perairan Belitung.

Pesawat yang membawa 155 penumpang tersebut diketahui hilang kontak dengan menara pusat pengendali penerbangan pada Minggu pagi. Pesawat dengan rute Surabaya-Singapura tersebut dipastikan hilang oleh pihak Kementerian Perhubungan dan maskapai penerbangan AirAsia setelah pesawat terbang lebih kurang satu jam. (Abba Gabrillin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×