kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,01   -18,50   -1.98%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bank Dunia ramal ekonomi Indonesia tak tumbuh tahun ini


Selasa, 02 Juni 2020 / 19:40 WIB
Bank Dunia ramal ekonomi Indonesia tak tumbuh tahun ini
ILUSTRASI. JAKARTA,08/04-PEMBERLAKUAN PSBB DI JAKARTA. Foto aerial deretan gedung perkantoran di Jakarta, Rabu (08/04). Pemprov DKI Jakarta akan memberlakukan Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB) pada 10 April mendatang. Pemberlakuan PSBB akan diterapkajn selama


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. World Bank (Bank Dunia) memproyeksikan, pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini menjadi 0% dari proyeksi sebelum adanya pandemi Covid-19 sebesar 5%.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi menjadi 0% ini, diasumsikan oleh adanya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang dilaksanakan secara efektif selama dua bulan, sebagai efek dari meluasnya pandemi Covid-19 di dalam negeri.

Baca Juga: Inflasi Mei rendah, ekonom IKS proyeksi inflasi akhir tahun di kisaran 2,7%-3%

"Proyeksi ini juga telah memperhitungkan adanya perlambatan ekonomi global secara masif baik di negara maju maupun negara berkembang, serta penurunan harga komoditas secara tajam yang semuanya akan berdampak besar pada perekonomian Indonesia," ujar Ekonom senior Bank Dunia untuk Indonesia Ralph van Doorn di dalam diskusi daring, Selasa (2/6).

Ralph melanjutkan, Bank Dunia juga memproyeksikan, tingkat konsumsi rumah tangga akan mengalami perlambatan. Hal ini dikarenakan banyaknya kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh para pelaku industri, turunnya aktivitas ekonomi, serta penurunan indeks kepercayaan konsumen (IKK).

Selain itu pertumbuhan investasi juga akan melambat karena adanya ketidakpastian mengenai infeksi dan penahanan penyebaran pandemi, aktivitas ekonomi yang melemah, harga komoditas yang rendah, serta perlambatan ekonomi global.

Baca Juga: Pelaku industri TPT sebut penetapan bea masuk tekstil impor tetap perlu dipantau

Kemudian, kinerja ekspor dan impor juga diproyeksikan akan jatuh pada tahun ini. Impor akan menurun lebih cepat apabila dibandingkan dengan ekspor, ini mencerminkan perlambatan ekonomi domestik yang juga tecermin di dalam neraca pembayaran.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×