kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   0,00   0.00%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Bangun creative hub, pemerintah kembangkan potensi wisata Danau Toba


Sabtu, 11 Juli 2020 / 20:49 WIB
Bangun creative hub, pemerintah kembangkan potensi wisata Danau Toba
ILUSTRASI. Perjalanan jelajah wisata di Danau Toba. Kapal penyeberangan Ihan Batak di Parapat - Pulau Samosir Danau Toba KONTAN/Muradi/2019/08/10

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio mengatakan, pemerintah  berkomitmen meningkatkan potensi wisata di kawasan Danau Toba, Sumatra Utara, dengan mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang ada dengan membangun creative hub.

Creative hub menjadi wadah bagi pelaku kreatif lokal di destinasi pariwisata super prioritas untuk memaksimalkan potensi masyarakat, melalui kegiatan seperti workshop, showcase, event kreatif mingguan, dan sebagainya,” kata Wishnutama dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Sabtu (11/7).

Baca Juga: Menteri Wishnutama cek kesiapan protokol kesehatan di bioskop

Wishnutama mengatakan, creative hub ini nantinya diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas serta kesejahteraan dari para pelaku industri kreatif yang ada di sekitar Danau Toba seperti para perajin suvenir, seniman, pengusaha kuliner, dan fotografer. Selain itu, creative hub ini juga diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk datang ke Danau Toba.

“Pariwisata harus bisa menyejahterakan masyarakat setempat, tidak boleh hanya menjadi penonton,” kata Wishnutama.

Wishnutama juga mengapresiasi penetapan Kaldera Toba sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO. Penetapan ini, membuktikan bahwa Danau Toba dapat menjadi destinasi wisata kelas dunia.

“Danau Toba juga telah ditetapkan menjadi salah satu dari 5 destinasi pariwisata super prioritas. Presiden sudah berkali-kali ke Danau Toba untuk memastikan bahwa pembangunan di kawasan Danau Toba dapat berjalan dengan lancar, sehingga menunjang kegiatan pariwisata,” kata dia.

Baca Juga: Ada protokol kesehatan, berikut yang perlu pelancong lakukan saat pelesiran

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×