kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,46   -4,42   -0.49%
  • EMAS953.000 -0,83%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.27%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Awasi ketat produsen vaksin China, BPOM: Kami datang ke pabriknya langsung


Jumat, 23 Oktober 2020 / 04:51 WIB
Awasi ketat produsen vaksin China, BPOM: Kami datang ke pabriknya langsung
ILUSTRASI. Ilustrasi vaksin Covid-19. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indonesia telah mengamankan pasokan vaksin corona dari sejumlah negara. Salah satunya adalah China. Menurut kabar, vaksin corona asal China akan segera didistribusikan pada November. 

Terkait hal tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan para produsen vaksin telah menggunakan standar GMP (Good Manufacture Practice) atau CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dalam pembuatan vaksin.

“(Kami) Datang ke pabriknya langsung, memeriksa semua fasilitas dan prosedur yang mereka lakukan, misalnya validasi pembuatan vaksin tersebut bagaimana, melakukan inaktivasi virusnya bagaimana, kemudian setiap tahapan itu dilihat dokumentasinya, apakah vaksin tersebut sudah memenuhi semua mutu yang dipersyaratkan,” ungkap Direktur Registrasi Obat Badan POM, Dr. Lucia Rizka Andalusia dalam Dialog Produktif “Kelanjutan Uji Klinis Vaksin COVID-19" di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Rabu (21/10) yang dilaksanakan secara virtual.

Menurutnya, pengecekan seluruh prosedur ini penting agar bisa sesuai dengan GMP atau CPOB yang berlaku di Indonesia. “Kami terjun ke sana sekitar 3-4 hari untuk mengecek prosedur tersebut,” ujar Lucia.

Baca Juga: Pemerintah pastikan vaksin corona yang nanti diberikan harus lulus uji klinis

Selain BPOM, delegasi Indonesia ke Negeri Panda ini juga mengikutsertakan Kementerian Agama dan MUI. Ini untuk menentukan tingkat keamanan dan kehalalan vaksin dari tiga produsen Tiongkok, Sinovac, Sinopharm dan CanSino. 

 

Selanjutnya: IDI surati Menkes Terawan agar tak tergesa-gesa soal vaksin corona, ini alasannya

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Managing Procurement Economies of Scale Batch 5 MENAGIH UTANG ITU MUDAH

[X]
×