kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Arab Saudi Buka Kuota Jemaah Haji, Berapa Kuota untuk Indonesia?


Senin, 11 April 2022 / 05:25 WIB
Arab Saudi Buka Kuota Jemaah Haji, Berapa Kuota untuk Indonesia?
ILUSTRASI. Arab Saudi resmi mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H dengan total jemaah mencapai 1 juta orang. Saudi Press Agency/Handout via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar baik datang dari pemerintah Arab Saudi. Setelah dua tahun Indonesia tidak mengirimkan jemaahnya ke tanah suci, tahun ini, Arab Saudi mengumumkan akan membuka kuota jemaah haji. 

Melansir laman kemenag.go.id, pada Sabtu (9/4/2022), Arab Saudi resmi mengumumkan penyelenggaraan haji 1443 H dengan total jemaah mencapai 1 juta orang. Pengumuman tersebut diterbitkan melalui surat Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

Hal ini disambut baik pemerintah Indonesia.  Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan rasa syukur atas adanya kepastian keberangkatan jemaah haji Indonesia tahun ini.

"Syukur alhamdulillah, jemaah haji Indonesia bisa berangkat tahun ini. Ini kabar yang sangat ditunggu jemaah haji di tanah air," tegas Menag di Jakarta.

Menag mengatakan, batalnya pemberangkatan jemaah haji Indonesia dalam dua tahun terakhir telah menyebabkan kerinduan mereka yang mendalam untuk ke Tanah Suci. 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kerajaan Saudi yang memberi kesempatan tahun ini bagi jemaah Indonesia untuk memenuhi panggilan beribadah haji," tuturnya.

Baca Juga: Arab Saudi Longgarkan Ibadah Haji, Jemaah Haji Indonesia Bisa Berangkat Tahun Ini

Lantas, berapa kuota untuk jemaah haji Indonesia?

Menurut Yaqut, belum ada informasi pasti mengenai jumlah kuota jemaah haji tanah air. Namun, Yaqut menegaskan, berapapun kuota yang diberikan, Indonesia siap menyelenggarakan haji. 

Sebab, persiapan dengan berbagai skenario pemberangkatan telah dilakukan selama ini.

"Kita akan optimalkan berapapun kuota nanti yang diberikan untuk Indonesia. Bahkan, kalau bisa kita akan upayakan agar Indonesia bisa mendapat tambahan, misalnya dari kuota negara lain yang tidak terserap," tegasnya.

Yaqut juga bilang, pemerintah Indonesia sudah siap dan akan lakukan persiapan sebaik mungkin untuk memastikan jemaah terlayani dengan baik.

Baca Juga: 1 Juta Jamaah akan Diizinkan Melaksanakan Ibadah Haji Tahun 2022




TERBARU

[X]
×