kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anggaran perlindungan sosial tahun ini mini, Kemenkeu: Sudah cukup


Jumat, 09 Juli 2021 / 20:18 WIB
Anggaran perlindungan sosial tahun ini mini, Kemenkeu: Sudah cukup


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah mematok anggaran perlindungan sosial (perlinsos) dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2021 sebesar Rp 153,86 triliun. Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan realisasi perlinsos dalam program PEN 2020 yang mencapai Rp 220,39 triliun.

Adapun anggaran perlindungan sosial tahun ini sudah didesain ulang yakni dengan memperpanjang masa waktu insentif atau stimulus tertentu hingga September dan Desember. Makanya total anggaran tersebut ditambah Rp 6,59 triliun dari pagu sebelumnya sebesar Rp 148,27 triliun.

Anggaran perlindungan sosial 2021 tersebut dialokasikan setidaknya dalam tujuh program antara lain program keluarga harapan (PKH), kartu sembako, bantuan sosial tunai (BST), bantuan langsung tunai (BLT) desa, kartu prakerja, bantuan kuota internet untuk siswa dan tenaga didik, serta diskon listrik bagi rumah tangga yang mengonsumsi listrik 450 va hingga 900 va.

Baca Juga: Reformasi perpajakan menjadi upaya pemerintah menyehatkan kembali APBN

Meskipun jumlah program perlindungan sosial tahun ini masih banyak, namun jika dibandingkan tahun lalu, masih kalah banyak baik secara nilai maupun secara jumlah program. 

Misalnya, tahun lalu anggaran PKH mencapai Rp 37,4 triliun, sementara tahun ini hanya Rp 28,31 triliun. Kemudian, tahun lalu pemerintah memberikan insentif kepada karyawan yang berpenghasilan di bawah Rp 5 juta per bulan berupa BLT sebesar Rp 600.000 per bulan dan diberikan selama empat bulan.

Dari sisi daya tahan fiskal pun, sebetulnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pun masih kokoh. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan realisasi defisit APBN sepanjang semester I-2021 sebesar Rp 283,2 triliun atau setara 1,72% terhadap produk domestik bruto (PDB). Persentase itu masih jauh dari outlook akhir tahun yang mematok defisit 2021 sebesar 5,7% dari PDB.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan besaran perlinsos tahun ini telah melalui berbagai pertimbangan. Salah satunya, situasi ekonomi tahun ini yang sudah terindikasi lebih baik dari tahun lalu, sehingga porsi bantuan sosial dalam program PEN bisa ditekan.

Baca Juga: Kemenkeu inisiasi program Secondment dan Kemenkeu Satu Negeri

Febrio menyampaikan besaran anggaran perlindungan sosial tahun ini sebetulnya sudah cukup besar. Yang jelas ia menegaskan pemerintah memastikan untuk 40% rumah tangga miskin dapat dicukupi dari program-program perlindungan sosial. Dus, saya beli masyarakat kelas ekonomi tersebut bisa bertahan di masa pandemi.

Menurutnya, dalam penggunaan anggaran harus tetap prudent sambil mencermati kondisi perekonomian yang berkembang. Sejalan dengan pengendalian pandemi virus corona yang pada akhirnya menentukan kebijakan pelonggaran atau pembatasan kegiatan masyarakat. 


Tag


TERBARU

[X]
×