kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akses Twitter terganggu, Kominfo bantah perlambat media sosial


Selasa, 24 September 2019 / 19:01 WIB
Akses Twitter terganggu, Kominfo bantah perlambat media sosial
ILUSTRASI. Media Sosial


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengguna Twitter Indonesia banyak mengeluhkan adanya gangguan mengakses media sosial berlambang biru itu, sejak Selasa (24/9) pagi. Gangguan yang dialami itu salah satunya berupa pelambatan penyegaran konten di lini masa para penggunanya. 

Konten-konten yang ada di jajaran teratas beranda depan Twitter berasal dari unggahan-unggahan dari waktu yang cukup lama dan tidak mengalami pembaruan. Keluhan pun banyak disampaikan para pengguna dengan menyertakan tagar Twitter Down. 

“Tadi dikirain memang internetnya yang kurang baik, ternyata #TwitterDown pantes saat buka web lain baik-baik aja,” tulis akun @missdeya23. Masalah ini terjadi bertepatan dengan banyaknya aksi demonstrasi di berbagai daerah yang digelar hari ini. 

Baca Juga: Verifikasi akun YouTube semakin susah

Tuntutan masyarakat tidak hanya disampaikan oleh mahasiswa yang turun ke jalanan, namun juga melalui unggahan-unggahan bertagar isu terkait di media sosial.

Tagar-tagar itu diketahui banyak yang menyerang pemerintah atau setidaknya bernada negatif terhadap tindakan pemerintah. Salah satu media sosial yang paling banyak menjadi wadah masyarakat, khususnya kaum muda bersuara adalah Twitter. 

Netter pun melayangkan curiga pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), karena beberapa waktu terakhir kerap melakukan pembatasan bahkan pemblokiran akses data di beberapa wilayah saat terjadi kekacauan. 

Akan tetapi, Plt Kepala Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu membantah pihaknya yang melakukan tindakan tersebut. 

Baca Juga: Jeff Bezos membeli 100.000 van listrik Rivian, pemesanan terbesar yang pernah ada

“Kemkominfo tidak lakukan tindakan apapun terhadap Twitter dalam hari-hari ini,” kata Ferdinandus kepada wartawan melalui grup WhatsApp, Selasa (24/9). 

Ia pun menegaskan, bahwa tidak melakukan pelambatan terhadap Twitter sebagaimana dikeluhkan oleh banyak penggunanya. “Iya (tidak ada upaya pelambatan),” jawabnya singkat. (Luthfia Ayu Azanella)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Netizen Keluhkan Twitter Down, Kominfo Bantah Perlambat Media Sosial"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×