kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45911,12   -12,37   -1.34%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Akhir November 2022, Wapres Terbang ke Papua Cek 3 Provinsi Hasil Provinsi Baru


Senin, 14 November 2022 / 19:58 WIB
Akhir November 2022, Wapres Terbang ke Papua Cek 3 Provinsi Hasil Provinsi Baru
ILUSTRASI. Wakil Presiden RI Ma?ruf Amin


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Ma'ruf Amin berencana mengunjungi tiga daerah otonom baru (DOB) hasil pemekaran wilayah Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan pada akhir November 2022.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, seusai mendampingi Ma'ruf menerima tiga penjabat gubernur provinsi baru Papua di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/11).

"Dalam rencana kunjungan Wapres ke Papua yang rencananya akhir bulan ini diharapkan mereka (pj gubernur) juga sudah ada di sana dan melakukan langkah-langkah apa yang bisa dilakukan dalam waktu singkat," kata Masduki dalam keterangan pers.

Baca Juga: Wapres Minta 3 Penjabat Gubernur DOB Papua Lakukan Percepatan Pembangunan

Masduki mengatakan, dalam kunjungan ini, Ma'ruf akan mengecek kondisi dan kesiapan daerah-daerah yang baru dimekarkan. "Jadi Wapres akan berkunjung ke Merauke, berkunjung ke Wamena, kemudian juga bahkan ke Kaimana, dan juga beberapa tempat yang selama ini akan menjadi pusat pemerintahan," kata Masduki.

Selain itu, Ma'ruf juga dijadwalkan bertemu tokoh masyarakat Papua, khususnya tokoh gereja, yang selama ini berhubungan dengan pemerintah saat berkunjung ke bumi cendrawasih.

Masduki menambahkan, Ma'ruf berpandangan bahwa pemekaran propinsi Papua merupakan terobosan mempercepat distribusi pembangunan, meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan peran serta orang asli Papua dalam demokrasi lokal.

 Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meresmikan 3 provinsi baru Papua, yakni Papua Selatan, Papua Tengah, dan Papua Pegunungan pada Jumat (11/11/2022).

Peresmian ini juga ditandai dengan pelantikan 3 penjabat gubernur yang sudah ditunjuk Presiden RI Joko Widodo untuk memimpin 3 provinsi baru tersebut. Para pj gubernur itu adalah Apolo Safanpo untuk Pj Gubernur Papua Selatan, Nikolaus Kondomo untuk Pj Gubernur Papua Pegunungan, serta Ribka Haluk untuk Pj Gubernur Papua Tengah.

Apolo merupakan Rektor Universitas Cendrawasih Papua dan Nikolaus merupakan Kepala Kejaksaan Tinggi Papua. Sementara itu, Ribka menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Catatan Sipil Papua.

Baca Juga: Tambah Tiga Provinsi di Papua, Ini Daftar 37 Provinsi di Indonesia dan Ibu Kotanya

Berdasarkan undang-undang pembentukan masing-masing DOB itu, penjabat gubernur akan mengemban banyak tugas. Mereka memiliki kewajiban dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah serta pembentukan dan pengisian perangkat daerah sesuai ketentuan.

Mereka juga wajib memfasilitasi pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP) dan Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) provinsi serta memfasilitasi pemilihan gubernur-wakil gubernur definitif sesuai perundang-undangan. Para penjabat gubernur juga wajib mengelola keuangan daerah sesuai peraturan perundangan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wapres Akan ke Papua Akhir November 2022, Cek 3 Provinsi Hasil Pemekaran"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×