kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ahok: Tahun ini Jakarta masih kebanjiran


Kamis, 12 Juni 2014 / 14:52 WIB
Ahok: Tahun ini Jakarta masih kebanjiran
ILUSTRASI. Promo Mingguan J.CO edisi 16-22 Januari 2023 lebih hemat dengan penawaran spesial


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memprediksi, Jakarta akan tetap kebanjiran pada tahun ini. Menurut Ahok, banjir akan terjadi bila hujan turun dengan intensitas yang cukup tinggi.

Apalagi, kata dia, beberapa kegiatan pembangunan untuk mengantisipasi masalah banjir, seperti normalisasi sungai dan pembagunan waduk, masih dalam tahap proses pengerjaan.

"Kalau hujan turun masih dalam volume besar, kita masih banjir tahun ini. Karena tahun ini kita baru melaksanakan kegiatan untuk mengantisipasi banjir. Pembangunan sheetpile (dinding turap beton di sungai) baru jalan. Terus saya baru mau suruh pengembang pasang pompa. Ini saya baru tanda tangan," katanya di Balaikota Jakarta, Kamis (12/6).

Sementara mengenai rencana pembangunan dinding raksasa (Giant Sea Wall) dan reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta, Basuki menyatakan sampai saat ini, Pemerintah Provinsi DKI masih membahas kontrak perpanjangan izin reklamasi pulau yang disampaikan pengembang.

Ia mengungkapkan, dalam draft kontrak yang diajukan, ada klausul yang menyatakan 5 persen dari hasil reklamasi pulau akan diserahkan ke Pemprov DKI.

Namun, Basuki mengaku tidak mau klausul tersebut berhenti sampai di situ saja, karena ia mengaku ingin agar klausul 5 persen itu berada di luar fasilitas sosial dan umum (fasos-fasum).

"Saya minta lima persen dari tanah di luar fasos-fasum. Kalau cuma 5 persen, nanti mereka menafsirkannya itu yang mau dibuat fasos-fasum. Saya mau revisi kalimat itu," jelas pria yang akrab disapa Ahok itu.

Akhir bulan lalu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Kementerian Pekerjaan Umum melalui Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) menandatangani nota kesepahaman kerja sama dalam upaya normalisasi sungai yang ada di Jakarta.

Dalam acara yang dilakukan di Balaikota Jakarta, Jumat (30/5), Pemprov DKI diwakili oleh Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, sedangkan Dirjen SDA Kementerian PU diwakili Direktur Jenderal SDA Mohammad Hasan.

Menurut Jokowi, ke depannya Pemprov DKI dan Kementerian PU akan bekerja sama dalam pembagian tugas. Jika Kemen PU berperan pada kegiatan fisik,maka Pemprov DKI akan berperan pada proses pembebasan lahan.

"Ada 22 kilometer yang akan dikerjakan. Bagian kita di pembebasan lahan, bagian Pak Dirjen di masalah yang berkaitan dengan fisiknya, konstruksinya, pendalamannya, pelebarannya," kata Jokowi saat masih aktif sebagai gubernur. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×