CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Agum Gumelar: Tidak sepantasnya Kivlan Zein mencaci maki SBY seperti itu


Sabtu, 11 Mei 2019 / 09:00 WIB
Agum Gumelar: Tidak sepantasnya Kivlan Zein mencaci maki SBY seperti itu

Sumber: Kompas.com | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar angkat bicara mengenai pernyataan negatif yang dilontarkan Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zein terhadap Jenderal TNI (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono. 

Menurut mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus) itu, tidak patut Kivlan berbicara seperti itu kepada seorang SBY. “Saya rasa tidak sepatutnyalah berkata kasar seperti itu terhadap Pak SBY,” ujar Agum saat dijumpai di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Jumat (10/5). 


Walau bagaimanapun, lanjut Agum, SBY adalah Presiden ke-6 RI dua periode. Apalagi, Kivlan berasal dari matra yang sama dengan SBY. Selain itu, pangkat SBY lebih tinggi dua tingkat dari Kivlan meski lebih senior Kivlan. 

“Tidak bisa dong dicaci maki seperti itu,” ujar Agum. 

Apabila pernyataan negatif Kivlan itu adalah bentuk ketidakpuasannya terhadap hasil Pemilu, Agum menyarankan ekspresi ketidakpuasan disalurkan melalui mekanisme yang sudah diatur di dalam peraturan perundangan. 

“Jangan malah melampiaskannya dengan cara-cara yang di luar etika,” ujar Agum. 

Dikutip www.tribunnews.com, Kivlan menyebut SBY beserta partainya, Demokrat, sebagai partai yang tidak jelas. 

Pernyataan Kivlan itu sebagai respons mantan Sekjen Demokrat Andi Arief yang menyinggung ada ‘setan gundul’ di belakang Prabowo Subianto yang memberikan masukan tidak baik terhadap Prabowo sendiri. 

Berikut kutipan Kivlan : “orang Partai Demokrat enggak jelas kelaminnta, SBY enggak jelas kelaminnya, cia mau mencopot Prabowo supaya jangan jadi calon presiden dengan gayanya segala macam cara”. 

Kivlan juga berkata, “saya tahu sifatnya (SBY). Mereka ini saling bersaing antara Prabowo dan SBY. Dia tak ingin ada jenderal lain yang jadi presiden, dia ingin dirinya sendiri dan dia orangnya licik. Sampaikan saja bahwa SBY licik. Dia junior saya, saya yang mendidik dia, saya tahu dia orangnya licik. Dia mendukung 01 waktu menang di tahun 2014”. (Fabian Januarius Kuwado)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Agum Gumelar: Tidak Bisa Kivlan Zein Mencaci Maki SBY Seperti Itu..."




TERBARU

Close [X]
×