kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada wabah corona, jumlah penumpang penerbangan domestik turun hingga 90%


Minggu, 19 Juli 2020 / 13:06 WIB
Ada wabah corona, jumlah penumpang penerbangan domestik turun hingga 90%
ILUSTRASI. Bandara Soekarno-Hatta Masih Sepi Penumpang: Penumpang menunggu angkutan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, BAnten, Selasa (14/7). PT. Angkasa Pura II mencatat pergerakan penumpang pada periode 1-12 Juli 2020 mencapai 26.723 penumpang per ha


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan wabah corona (Covid-19) turut berdampak pada industri penerbangan. Dengan adanya pandemi ini, jumlah penumpang harian domestik turun hingga 90%.

Tak hanya itu, frekuensi penerbangan pun turun signifikan dari periode yang sama tahun sebelumnya, bahkan banyak pesawat yang parkir di bandara dan tidak beroperasi.

“Industri penerbangan kini dalam kondisi bertahan di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Budi Karya dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/7).

Baca Juga: Resmi! Kemenhub merilis aturan uji tipe untuk kendaraan listrik

Untuk membangkitkan industri penerbangan nasional di tenagh Covid-19, Budi pun meminta seluruh stakeholder penerbangan menciptakan penerbangan yang selamat, aman dan sehat.

“Hal ini penting untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat menggunakan transportasi udara dengan menciptakan penerbangan yang aman, selamat, nyaman dan sehat,” terang Budi.

Budi meyakini penerbangan Indonesia mampu menghadapi pandemi Covid-19. Dia menyebut, upaya untuk menjaga masyarakat untuk tidak terpapar Covid-19 merupakan perhatian seluruh pihak, namun dia juga mengatakan kondisi ekonomi Indonesia, khususnya kerentanan di bidang transportasi harus bisa ditangani.

Budi juga mengungkap perlu ada persamaan persepsi antara regulator serta seluruh stakeholder penerbangan agar konsisten dalam melaksanakan regulasi baik nasional maupun internasional.

Baca Juga: Pemerintah akan segera aplikasikan new normal di sektor penerbangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×