kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ada lowongan menjadi mitra kartu prakerja


Selasa, 28 April 2020 / 10:05 WIB
Ada lowongan menjadi mitra kartu prakerja


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Markus Sumartomjon

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sempat ramai jadi pemberitaan, pemerintah masih membuka kesempatan bagi pihak lain yang ingin menjadi mitra platform digital kartu prakerja. Lantaran mitra platform digital prakerja tersebut baru masuk gelombang kedua yang baru menggandeng delapan mitra.

Pemerintah bakal menggelar program pelatihan prakerja sampai 30 gelombang sepanjang tahun ini. Anggaran yang dialokasikan untuk program ini tidak kecil, mencapai Rp 5,6 triliun. "Ini terbuka bagi semua pihak yang memenuhi syarat dan sanggup memenuhi kewajiban. Tidak terbatas jumlahnya," kata Panji Winanteya Ruky, Direktur Kemitraan dan Komunikasi Project Management Office (PMO) Kartu Prakerja, Senin (27/4).

Baca Juga: Ekonom Indef: Program kartu prakerja belum menjawab masalah pengangguran

Sebagai informasi menjadi mitra, penyedia platform digital kartu prakarja, bisa berbadan hukum swasta, BUMN, BUMD atau pemerintah. Syaratnya adalah calon mitra punya cakupan layanan berskala nasional, punya sistem teknologi digital yang membantu mekanisme kartu prakerja, mengoperasikan portal, situs atau aplikasi daring untuk fasilitasi kartu prakerja juga menjalin kerja sama dengan lembaga pelatihan, hingga memiliki izin usaha dan berbadan hukum perusahaan terbatas bagi badan hukum swasta.

Baca Juga: Pemerintah pastikan jumlah mitra platform digital kartu prakerja terus bertambah

Panji menekankan, penyedia platform digital tersebut pun harus menyediakan jasa pasar bagi berbagai lembaga pelatihan lainnya. Jadi kalau platformnya cuma lembaga pelatihan bisa bekerjasama dengan platform digital lain yang sudah ada.

Setelah syarat terpenuhi, mitra platform prakerja punya kewajiban untuk menginventarisasi lembaga pelatihan kartu prakerja. Mulai dari melakukan kurasi lembaga pelatihan tersebut berdasarkan standar yang ditetapkan, menyediakan sistem informasinya,  hingga menyampaikan daftar peserta pelatihan kepada lembaga pelatihan dan manajemen pelaksana.

Mitra platform prakerja juga wajib menyampaikan kemajuan pelatihan dan melakukan pengawasan  serta informasi perkembangan tentang lembaga pelatihan yang diajak kerjasama. Oh iya, mitra prakerja ini juga bisa mengutip fee ke lembaga pelatihan dengan tarif yang wajar. 

Saat ini terdapat 8 platform digital mitra kartu prakerja yakni Tokopedia, Bukalapak, Ruangguru, Belajar Apa, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir dan Menaker.go.id. Mitra kartu pra kerja ini bermitra dengan lebih dari 250 mitra lembaga pelatihan yang menyediakan 2.000 pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×