kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Aceng Fikri tersangkut kasus penipuan Rp 2,2 M!


Rabu, 30 April 2014 / 19:26 WIB
Aceng Fikri tersangkut kasus penipuan Rp 2,2 M!
ILUSTRASI. Soccer Football - FIFA World Cup Qatar 2022 - Round of 16 - Netherlands v United States - Khalifa International Stadium, Doha, Qatar - December 3, 2022 Netherlands' Cody Gakpo in action with Sergino Dest of the U.S. REUTERS/John Sibley


Sumber: TribunNews.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

GARUT. Aceng Fikri, mantan Bupati Garut yang kini menjadi calon Anggota DPD RI dari Jawa Barat dengan perolehan lebih dari sejuta suara, menjadi saksi kasus dugaan penipuan dan penggelapan uang sebesar Rp 2,2 miliar.

Kasat Reskrim Polres Garut, AKP Dadang Garnadi, mengatakan kasus tersebut dilaporkan oleh seorang pengusaha berinisial R, beberapa pekan lalu. Menurut R, katanya, Aceng diduga telah melakukan penipuan dan penggelapan dana untuk usaha barang dan jasa berkali-kali pada 2011 sampai 2012, saat Aceng masih menjabat Bupati Garut.

 "Berdasarkan penjumlahan pelapor, hasilnya menjadi Rp 2,2 miliar. Pelapor mengaku sebagai salah satu korban yang merasa dirugikan. Motifnya masih kami dalami," kata Dadang saat ditemui di Mapolres Garut, Rabu (30/4).

 Dadang mengatakan Aceng sempat dipanggil untuk dimintai keterangannya pada Jumat (25/4). Namun, Aceng tidak datang karena sakit. Dadang pun belum merencanakan jadwal pemanggilan Aceng kembali. Jika Aceng tidak datang untuk yang ketiga kalinya, tuturnya, Aceng akan dijemput ke rumahnya.

 Kehadiran Aceng, katanya, tidak bisa diwakili oleh kuasa hukumnya atau siapapun. Selain itu, Dadang mengatakan telah memanggil delapan saksi untuk dimintai keterangannya, di antaranya sejumlah pejabat aktif di Pemerintah Kabupaten Garut.

 "Masih kami dalami kasus ini lebih jauh. Belum mengarah ke penggunaan dana tersebut untuk kampanye. Yang jelas, itu uang yang digunakan untuk usaha bidang barang dan jasa," katanya.

 Mantan Bupati Garut ini sebelumnya mengatakan berhasil masuk urutan tiga besar calon DPD dari Jawa Barat dengan perolehan suara terbesar. Berdasarkan hasil rekapitulasi tim pemenangan Aceng, dia masuk tiga besar calon DPD dari Jawa Barat dengan jumlah lebih dari 1.139.000 suara. Kantung suara tekuat selain Garut, katanya, adalahBogor, Sukabumi, Ciamis, Bekasi, danCirebon.

 Berdasarkan hasil rekapitulasi suara Pemilihan Legislatif 2014 KPU Kabupaten Garut, Aceng Fikri kalah unggul dengan artis komedian Sunda, Oni Suwarman. Di Kabupaten Garut, Aceng Fikri hanya memperoleh 121.218 suara sedangkan Oni mendapat peringkat pertama dengan 127.091 suara, dari Daftar Pemilih Tetap Kabupaten Garut sebanyak 1.781.935 orang.

 Aceng dilengserkan dari jabatannya pada 2013 karena kasus nikah sirinya dengan Fani Oktora. Aceng menjalani pernikahan dengan gadis yang kala itu berusia 18 tahun ini selama empat hari sebelum akhirnya menceraikannya lewat SMS. (Sam)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×