kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Bisnis yang diprediksi cuan versi Ignasius Jonan


Jumat, 27 November 2020 / 04:00 WIB
5 Bisnis yang diprediksi cuan versi Ignasius Jonan


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ignasius Jonan, Mantan Menteri ESDM Periode 2016-2019 menyebutkan, ada lima sektor bisnis yang bakal menguntungkan di masa depan. Usaha pertama adalah energi terbarukan (renewable energy).

"Menurut saya, ada lima bisnis ke depan atau kegiatan ke depan yang menarik. Ke depan itu saya bilang they are coming, bukan they will come. Faster and faster our life. Pertama, renewable energy. Renewable energy ini menurut saya it is mandatory. Mau dihitung seperti apapun it is a beyond calculation," kata dia dalam webinar virtual, Kamis (26/11/2020).

Peluang usaha kedua yang menarik menurut Jonan adalah kendaraan elektrik. Pasalnya, dengan menggunakan kendaraan elektrik berbahan emisi ramah lingkungan akan mencegah polusi. Bahkan, dia memperhitungkan, pada tahun 2030, kebutuhan kendaraan di Indonesia bakal melonjak signifikan. Oleh sebab itu, dibutuhkan kendaraan elektrik yang menggunakan mesin ramah lingkungan.

"Itu punya kesempatan double GDP atau di 2030, PDB per kapita 10.000 dollar AS, itu berapa kendaraan motor yang dibutuhkan," imbuh Jonan.

Baca Juga: Kembangkan PLTS, pemerintah ingin harga listrik bisa di bawah US$ 4 cent per kWh

Bisnis ketiga yang berpotensi "cuan" adalah bisnis secara daring (online). Ia mengatakan, bisnis online akan meberikan dampak kepada mal, properti, atau gedung perkantoran, perumahan, dan sebagainya.

Keempat adalah bisnis lingkungan hidup. Menurut Jonan yang baru terpilih jadi Komisaris Independen Sido Muncul ini, bisnis lingkungan hidup telah dimulai. Apalagi di dalam World Economic Forum (WEF) seluruh dunia telah mengampanyekan penanaman 1 triliun pohon dalam 5 tahun.

Bisnis menarik yang terakhir sebut Jonan, adalah artificial inteligent (AI). Dengan adanya AI tersebut, menurut dia, pemerintah harus menyiapkan rencana pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Baca Juga: AESI: Dalam 5 tahun ke depan perlu tambahan PLTS lebih dari 1.000 MW per tahun

"Kalau ini (penggunaan tenaga kerja robot) datang, negara kita harus memikirkan workers kita ini akan dididik seperti apa lagi kedepan. Mungkin kalau duta besar tidak bisa pakai robot. Tapi, banyak kegiatan bisa pakai robot. Ini workers kita bagaimana harus menyesuaikan zaman ke depan," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Bisnis yang Bakal Bersinar Versi Ignasius Jonan"
Penulis : Ade Miranti Karunia
Editor : Yoga Sukmana

Selanjutnya: Ignasius Jonan masuk jajaran komisaris independen Sido Muncul (SIDO)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×