kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,64   -3,10   -0.31%
  • EMAS988.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

3 Meninggal Dunia Akibat Omicron, Menkes Sebut 1 Orang Belum Divaksinasi Sama Sekali


Jumat, 28 Januari 2022 / 04:10 WIB
3 Meninggal Dunia Akibat Omicron, Menkes Sebut 1 Orang Belum Divaksinasi Sama Sekali


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Kesehatan melaporkan, hingga saat ini, sudah ada tiga orang yang meninggal dunia akibat varian Omicron di Indonesia.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menjelaskan tentang kondisi klinis tiga orang pasien terpapar varian Omicron yang meninggal dunia. Menurutnya, satu dari tiga pasien yang meninggal sama sekali belum pernah menerima vaksin Covid-19.

"Tiga orang yang meninggal itu, kondisinya satu orang belum divaksin sama sekali. Jadi kesimpulannya yuk kita cepat-cepat vaksin," ujar Budi dalam konferensi pers secara virtual pada Kamis (27/1/2022).

"Karena 30 persen dari orang yang meninggal itu belum divaksin," lanjutnya.

Kemudian, jika dilihat dari usia, ketiga pasien meninggal sama-sama di atas 60 tahun. Dengan demikian, masyarakat perlu memastikan para lansia dirawat dengan baik selama pandemi ini.

Baca Juga: 8 Fakta Ilmiah Varian Omicron, Mengacu Satgas Covid-19

"Perlu kita prioritaskan lansia-lansia itu untuk divaksinasi dahulu. Dan kalau ada lansia komorbid yang kena Covid-19, diprioritaskan dikirim ke RS," tegasnya.

Sementara itu, berdasarkan rincian data kondisi klinis tiga pasien meninggal dunia di RS setelah terpapar varian Omicron menunjukkan bahwa ketiganya berusia di atas 60 tahun.

Semuanya memiliki penyakit penyerta atau komorbid baik itu diabetes melitus, gagal ginjal, jantung dan hipertensi. Seluruh lansia itu dirawat di ruang ICU RS dengan kondisi berat dan sedang.

Baca Juga: Panduan Lengkap Proses Vaksinasi Booster dari Kemenkes, Catat Agar Tak Bingung!

Kemudian, satu di antara ketiganya belum sama sekali divaksin Covid-19. Satu orang lansia lain sudah divaksin dua kali dan satu lansia lainnya sudah menerima vaksinasi booster atau dosis ketiga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Meninggal akibat Omicron, Menkes: 1 Belum Divaksinasi Sama Sekali"
Penulis : Dian Erika Nugraheny
Editor : Krisiandi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×