kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.002,51   -5,90   -0.59%
  • EMAS1.133.000 0,18%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

1.156 Kamar Hotel di Labuan Bajo Disiapkan untuk ASEAN Summit


Jumat, 21 April 2023 / 16:40 WIB
1.156 Kamar Hotel di Labuan Bajo Disiapkan untuk ASEAN Summit
ILUSTRASI. Labuan Bajo Bersiap Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN


Reporter: Khomarul Hidayat | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - LABUAN BAJO. Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) menyebut 1.156 kamar dari 22 hotel dan resort di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) disiapkan sebagai tempat menginap delegasi dan panitia nasional Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN/ASEAN Summit, 9-11 Mei 2023.

"Saat ini hotel dan homestay sudah terpenuhi, para delegasi dan panitia nasional ditempatkan di hotel bintang empat dan lima di Labuan Bajo," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina, di Labuan Bajo, dalam keterangan tertulis, Jumat (21/4).

Shana mengatakan penyelenggaraan event berskala besar seperti ASEAN Summit sudah pasti mendatangkan banyak wisatawan, yaitu wisatawan yang terjadwal karena sebagian besar merupakan delegasi dan panitia dari kegiatan.

Dari data BPOLBF, ribuan kamar itu terbagi dalam lima hotel dan resort bintang lima, lima hotel dan resort bintang empat, lima hotel dan resort bintang tiga, serta enam hotel dan resort bintang dua.

Dengan meningkatnya okupansi hotel saat ini, BPOLBF pastikan dapat memberi dampak ekonomi dari industri sektor pariwisata dan ekonomi kreatif lainnya di Labuan Bajo dan sekitarnya.

"Dengan meningkatnya kunjungan wisatawan sekarang ini secara ekonomi sudah pasti akan memberi multiplier effect bukan hanya kepada pemilik hotel, tapi perekonomian para petani melalui rantai pasok makan karena akan meningkat juga permintaan bahan makanan," ujar Shana.

Baca Juga: Dukung KTT ASEAN, Bandara Komodo Siap Layani Penerbangan Internasional

General Manager Hotel Jayakarta Labuan Bajo Reynes Sahadoen mengatakan delegasi dari Filipina telah direncanakan menginap di hotel bintang empat itu selama penyelenggaraan ASEAN Summit. Pemesanan kamar untuk delegasi asing ini terhitung sejak tanggal 5 Mei hingga 12 Mei nanti.

Untuk menyukseskan kegiatan internasional itu dari sisi akomodasi, pihaknya pun telah melakukan berbagai persiapan baik kebersihan, keamanan, dan kenyamanan bagi para tamu delegasi yang menginap di sana.

Manajemen Hotel Jayakarta Labuan Bajo juga akan menambah tenaga casual atau pegawai yang bekerja pada saat dibutuhkan dalam rentang waktu 5-12 Mei 2023.

Para tenaga kerja merupakan anak-anak muda yang telah menjalani magang industri di hotel tersebut yang turut membantu untuk mengatur 71 kamar bagi para tamu delegasi asing ini dengan sebaik mungkin.

"Hotel Jayakarta Labuan Bajo berkomitmen untuk mendukung pemerintah pusat menyukseskan KTT ASEAN ini, tentunya dengan cara kami yakni menjaga dan menyiapkan berbagai hal soal kebersihan, kesiapan sumber daya manusia, dan bahan baku makanan," katanya menegaskan.

Baca Juga: Negara ASEAN Sepakati Gunakan Mata Uang Lokal untuk Stabilitas Kawasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×