kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumen optimistis, ekonom: Tanda pemulihan ekonomi makin nyata


Senin, 10 Mei 2021 / 20:34 WIB
Konsumen optimistis, ekonom: Tanda pemulihan ekonomi makin nyata
ILUSTRASI. Konsumen optimistis, ekonom: Tanda pemulihan ekonomi makin nyata


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepercayaan konsumen akhirnya kembali ke zona optimistis pada April 2021, setelah dalam satu tahun terakhir berada dalam zona pesimistis. 

Berdasarkan survei konsumen Bank Indonesia (BI), optimisme konsumen terlihat dari Indeks Kepercayaan Konsumen (IKK) April 2021 yang sebesar 101,5. Ini naik dari bulan sebelumnya yang sebesar 93,4. 

Peneliti senior Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy melihat, kembalinya keyakinan konsumen pada zona positif menunjukan adanya potensi perbaikan konsumsi rumah tangga yang mendorong pada perbaikan ekonomi lebih nyata di kuartal II-2021. 

Yusuf lalu memerinci beberapa hal selain optimisme konsumen yang menunjukkan adanya potensi perbaikan ekonomi. Contohnya, permintaan terhadap barang dan jasa yang meningkat tercermin dari inflasi pada bulan April 2021 yang meningkat, meski memang didorong oleh momentum bulan Ramadan. 

Baca Juga: Indef serahkan rekomendasi kebijakan untuk kemajuan industri perunggasan

“Peningkatan inflasi ini berarti daya beli masyarakat mengalami peningkatan dibandingkan bulan sebelumnya sehingga geliat ekonomi sudah ikutan membaik di awal kuartal II-2021 ini,”  ujar Yusuf kepada Kontan.co.id, Senin (10/5). 

Nah, pada bulan Mei 2021 ini, Yusuf percaya tren perbaikan keyakinan konsumen masih akan berlanjut. Minimal, pergerakannya sama dengan kondisi bulan April 2021. 

Apalagi, didorong dengan adanya hari raya Idul Fitri dan pembagian tunjangan hari raya (THR) dan nanti bermuara pada peningkatan konsumsi rumah tangga yang semakin mendorong perekonomian di kuartal ini. 

Namun, ia tetap mengingatkan pemerintah tetap harus waspada dan mengantisipasi hal-hal yang bisa menghambat laju konsumsi rumah tangga, seperti penyebaran kasus Covid-19 yang akan mengganggu proses pemulihan ekonomi. 

Selanjutnya: Hingga April 2021, return unitlink pendapatan tetap paling tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×