kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tiga program bansos 2021 diberikan tunai dan transfer ke rekening, ini perinciannya


Senin, 04 Januari 2021 / 18:21 WIB
Tiga program bansos 2021 diberikan tunai dan transfer ke rekening, ini perinciannya


Reporter: Titis Nurdiana | Editor: Titis Nurdiana

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Terhitung mulai hari ini, 4 Januari, pemerintah menyalurkan bantuan sosial atau bansos periode tahun 2021, secara tunai serta transfer ke rekening penerima program bansos.

 Berbeda dengan program bantuan sosial sebelumnya, bantuan sosial pada tahun 2021 diberikan berupa uang tunai yang diterima langsung penerima program, ada juga diterima lewat rekening.

Baca Juga: Awal tahun, pemerintah salurkan bantuan tunai hampir Rp 14 triliun

Ada tiga bantuan sosial yang diberikan pemerintah di tahun ini yakni Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sosial tunai (BST) serta program  bansos berupa sembako.
Mekanisme penyaluran sebagai berikut: 

  • Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH akan disalurkan lewat bank-bank milik milik negara (Himbara) melalui rekening masing-masing penerima bansos jenis ini.  Jadi penerima bansos ini akan menerima lewat rekening di bank-bank milik negara atau BUMN. 

Bansos jenis ini disalurkan tiga bulan sekali yakni pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober.

Baca Juga: ​Cair hari ini, cek penerima bansos tunai Rp 300 ribu di dtks.kemensos.go.id

Penerima manfaat bansos PKH adalah ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah, penyandang disabilitas, hingga lanjut usia dengan perincian sebagai berikut: 

Untuk ibu hamil dan anak usia 0-6 tahun akan menerima bansos sebesar Rp 250 ribu per bulan, SD sebesar Rp 75.000 per bulan, siswa SMP sebesar Rp125.000 per bulan, dan siswa SMA sebesar Rp166.000 per bulan.

Penyandang disabilitas berat serta lanjut usia 70 tahun ke atas menerima bantuan sebesar Rp200.000 per bulan. 

  • Bantuan Sosial Tunai (BST) 

Penerima program bantuan sosial tunai akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 300 ribu  selama empat bulan berturut-turut, yakni Januari hingga April 2021.

Adalah PT Pos Indonesia sebagai penyalur. PT Pos akan mengantarkan bantuan sosial tunai ke rumah masing-masing penerima. 

Lantas siapa yang berhak menerima bantuan sosial tunai? Penerima bansos merupakan mereka yang terdata pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun tidak memiliki data di DTKS.  

Baca Juga: Pemerintah mulai salurkan 3 jenis bantuan tunai, apa saja?

  • Program Sembako

Program Sembako akan diberikan kepada 18,8 juta KPM yang disalurkan oleh bank milik negara melalui Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). 

Penerima program sembako akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) senilai Rp 200 ribu mulai Januari hingga Desember 2021.

Warga Jabodetabek yang semula menerima bantuan berupa sembako, mulai tahun ini tidak lagi menerima bantuan sembako tapi diganti dengan BLT dengan jumlah yang  setara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×