kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Revitalisasi Citarum, industri dekat sungai bakal dipindahkan


Jumat, 12 Januari 2018 / 09:45 WIB
Revitalisasi Citarum, industri dekat sungai bakal dipindahkan


Sumber: TribunNews.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah akan merevitalisasi Sungai Citarum di kawasan Jawa Barat yang kini disebut-sebut sebagai sungai terkotor kedua di dunia. Penataan yang bakal dilakukan hingga tahun 2025 ini juga termasuk pada industri yang terletak di dekat aliran sungai (DAS).

I Gusti Putu Suryawirawan, Direktur Jenderal Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional, Kementerian Perindustrian mengatakan industri yang dianggap terlalu dekat dengan sungai pun akan direlokasi ke kawasan industri.

Sesuai dengan aturan baru, industri harus berjarak minimal 50 km dari DAS. "Industri yang hak guna bangunan (HGB)-nya sudah habis itu akan kami data supaya jangan di sana lagi mereka akan pindah ke kawasan industri," ujar Putu saat ditemui di Kantor Kemenko Maritim, Jumat (12/1).

Saat ini terdapat 444 perusahaan yang berada di DAS Citarum. Sebanyak 50% dari jumlah tersebut didominasi oleh perusahaan tekstil.

Putu juga mengatakan pencemaran Sungai Citarum ini diindikasikan karena ada perusahaan yang langsung membuang limbah ke sungai tanpa melalui instalasi pengolahan air limbah (IPAL).

Indikasi tersebut terlihat dari data yang menunjukkan kalau dari 444 perusahaan baru 380 yang sudah memiliki IPAL. Sehingga dalam proses revitalisasi tersebut pemerintah juga bakal menggalakkan penggunaan IPAL pada perusahaan di sekitar sungai yang memiliki panjang sekitar 300 km itu.

"Kan ada aturannya untuk yang keluarkan limbah berapa liter per detik itu IPAL nya bisa mengolah berapa liter per detik. Masih ada industri kecil lainnya yang perlu kita bina. Terutama yang belum mempunyai IPAL," kata Putu.

Artikel ini telah tayang di tribunnews.com dengan judul Revitalisasi Sungai Citarum, Industri Dekat Sungai Bakal Dipindahkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×