: WIB    --   
indikator  I  

Rayu investor Korsel, Jokowi tawarkan 10 Bali baru

Rayu investor Korsel, Jokowi tawarkan 10 Bali baru

JAKARTA. Presiden Joko Widodo mengajak para pengusaha asal Korea Selatan untuk berinvestasi di bidang kreatif dan pariwisata. Ajakan ini disampaikan Jokowi saat membuka Indonesia-Korea Business Summit 2017 di Jakarta, Selasa (14/3/2017).

Jokowi mengatakan, Korea Selatan saat ini adalah investor ketiga terbesar di Indonesia setelah Singapura dan Jepang. Perusahaan Korea banyak berkontribusi ke berbagai industri seperti baja, minyak dan gas bumi, dan garmen.

Industri itu sudah memberikan pekerjaan kepada 900.000 rakyat Indonesia. Namun, Jokowi merasa investasi itu belum cukup. "Saya ingin mengajak Anda semua untuk mengambil langkah selanjutnya ke dalam industri kreatif dan industri pariwisata," ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, Indonesia adalah negara dengan luas yang sangat besar. Dari barat ke timur Indonesia, jaraknya hampir sama dari London ke Dubai.

Indonesia juga, lanjut Jokowi, adalah negara yang indah, dengan masyarakatnya yang sangat ramah dan hangat. "Kita adalah negara tropis, surga kepulauan," ucap Jokowi.

Jokowi lalu menyinggung mengenai Pulau Bali, yang saat ini sudah terkenal di dunia. Menurut Presiden, Indonesia memiliki banyak tempat yang tidak kalah hebatnya dari Bali. "Oleh karenanya, pemerintah saya sudah meluncurkan program yang disebut sebagai 10 Bali baru," ucap Jokowi.

Sepuluh tempat wisata itu, yakni Danau Toba (Sumut), Belitung (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (DKI Jakarta), Candi Borobudur (Jateng), Gunung Bromo (Jatim), Mandalika Lombok (NTB), Pulau Komodo (NTT), Taman Nasional Wakatobi (Sulawesi Tenggara), dan Morotai (Maluku Utara).

Menutup pidatonya, Jokowi menyampaikan ajakan untuk berjalan-jalan di Indonesia dengan menggunakan bahasa Korea. "Gatchi Gapsida, Kamsa Hamida (Ayo kita jalan-jalan bersama, terima kasih)," kata Jokowi disambut tepuk tangan hadirin.

(Ihsanuddin)


SUMBER : Kompas.com
Editor Adi Wikanto

PENANAMAN MODAL ASING

Feedback   ↑ x